Wali Kota Tasik Memuji Pelajar SD-SMP yang Antusias Nyanyikan Lagu Sunda, Ajak Pejabat Nonton Wayang Golek

Wali Kota Tasik Memuji Pelajar SD-SMP yang Antusias Nyanyikan Lagu Sunda, Ajak Pejabat Nonton Wayang Golek

Wali Kota Tasikmalaya, H Muhammad Yusuf, mengapresiasi para siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di wilayahnya yang sangat antusias menyanyikan lagu Sunda, Rabu, 24 Agustus 2022. Foto: Rezza Rizaldi / Radartasik.com--

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COMWali Kota Tasikmalaya, H Muhammad Yusuf, mengapresiasi para siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di wilayahnya yang sangat antusias menyanyikan lagu Sunda.

Siswa SD dan SMP menyanyikan lagu Sunda dalam Pasanggiri Ngawih Sunda Tasikmalaya 2022, Rabu 24 Agustus 2022. 

"Saya sengaja pagi-pagi datang ke acara Pasanggiri Lagu Sunda ini karena sangat mendukung dan cinta terhadap budaya Sunda," ujar Muhammad Yusuf.

BACA JUGA: Terkini Kondisi Ibu Korban Kebakaran yang Diduga Akibat HP Meledak

"Nah, ini para siswa SD dan SMP sangat piawai lagu Sunda, jadi saya wajibakan nanti para eselon II dan ASN pakai sarung nonton bareng Wayang Golek saat HUT Kota Tasik," sambungnya.

Muhammad Yusuf pun meminta Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Tasikmalaya dan Kadisparbudpora untuk menggelar tahunan acara melestarikan budaya Sunda kepada para pelajar SD dan SMP di Kota Tasikmalaya. 

Salah satunya melaksanakan lomba lagu Pupuh Sunda yang selama ini mulai tak populer di para pelajar SD dan SMP. 

BACA JUGA: Baznas Salurkan Bantuan kepada Keluarga Korban Kebakaran yang Diduga dari HP Meledak di Tasik

"Bu Kadis pendidikan nanti akan berupaya mempopulerkeun lagu Pupuh Sunda supaya mengadakan acara lomba setiap tahunnya. Saya sangat suka para siswa mempopulerkan lagi lagu-lagu sunda untuk melestarikan budaya kita," terangnya. 

Muhammad Yusup pun meminta kepada Kadisparbudpora supaya melestarikan gamelan asli saat mengiringi lagu Sunda para pelajar. Wali Kota menilai sanga tak elok saat para siswa menyanyikan lagu Sunda memakai iringan musik karaoke. 

BACA JUGA: Kata Kapolri, Kuat Makruf Sempat Akan Kabur… Waduh

"Saya ini yang sangat kurang enak itu harusnya Disbudpar pakainnya gamelan asli saat mengiringi lagu Sunda, bukannya pamai musik karaoke. Itu kan upaya melestarikan juga. Saya minta nanti pakai gamelan asli, soalnya banyak di Tasikmalaya yang bisa atau piawai memainkan gamelan Sunda," terangnya. 

Muhammad Yusuf berharap semua warga Kota Tasikmalaya bersama-sama melestarikan kebudayaan Sunda sebagai identitas masyarakat Sunda. Seperti di Bandung, dirinya melihat para pemuda dan pelajar semangat menyanyikan lagu Sunda. 

Bahkan, mereka berlomba-lomba menjadi yang terbaik dalam menyanyikan lagu dan memainkan alat musik Sunda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: