Pangandaran Sempat Jadi Lokasi Favorit Berburu Cicak

Pangandaran Sempat Jadi Lokasi Favorit Berburu Cicak

Sejumlah pria berangkat memburu cicak. Foto: Dok. Radar Cirebon --

TASIK, RADARTASIK.COM – Daerah Pangandaran ternyata sempat menjadi salah satu tempat favorit berburu cicak. Sekitar 5 tahun lalu.

Hal itu terungkap berdasarkan pengakuan Wartono, salah seorang pemburu cicak dari Kabupaten Cirebon, akhir Bulan September 2016.

Menurut dia, daerah lain di Jawa Barat yang juga menjadi lokasi favorit berburu cicak adalah Kabupaten Pangandaran.

Seperti dilansir Radar Cirebon, Warotno lebih awal tiba di tempat pengepul cicak, kodok dan ular. Tepatnya, di RT 03 RW 04 Blok Wanakersa Desa Kertasura Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon.

BACA JUGA: Cicak Kering Juga Diekspor ke Vietnam, Pengiriman Perdana Bernilai Rp 150 Juta

Di sana, ia bersama teman-teman seprofesinya berkumpul. Sambil ditemani secangkir kopi dan gorengan, mereka mengobrol hangat dan saling bercanda.

Mereka berkumpul di situ, mengatur rencana perburuan malam hari, mencari cicak.

Jam menunujukkan pukul 16.00, matahari mulai kehilangan keperkasaannya. Saat itulah para pemburu cicak sudah siap ”bekerja”.

Peralatan untuk menangkap cicak dinaikkan ke atas mobil. Sekitar 15 orang yang sudah siap berangkat memburu cicak.

BACA JUGA: Kisah Sukses Pengekspor Cicak Kering, Berawal dari Inspirasi Temannya, Kini Dapat Omzet Ratusan Juta Rupiah

Wartono dan rekan-rekannya menggunakan mobil pikap berwarna putih. Tak disangka, saat akan berangkat, ada rombongan lain juga dengan tujuan yang sama.

Ternyata, berburu cicak bukan hanya warga dari Desa Kertasura, tapi juga dari desa-desa sekitarnya. Banyak warga yang memilih menjadi pengobor cicak.

Wartono sendiri dulunya seorang kuli bangunan. Dia memilih pekerjaan mencari cicak karena hasilnya lumayan untuk menafkahi keluarganya.

”Ya lumayan hasilnya Mas, kalau sehari bisa dapat 2-6 kg bisa dapat uang Rp100 ribu hingga Rp300 ribu,” ungkap Wartono kepada Radar Cirebon, waktu itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: