Kreatif, Warga Desa Salebu Kecamatan Mangunreja Buat Replika Burung Garuda dari Daun Nangka

Kreatif, Warga Desa Salebu Kecamatan Mangunreja Buat Replika Burung Garuda dari Daun Nangka

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Tasikmalaya yang ke-390, warga Desa Salebu Kecamatan Mangunreja membuat replika burung garuda yang terbuat dari daun nangka yang digabungkan menjadi satu.

Anif Priyono, warga Desa Salebu sekaligus inisiator pembuatan replika burung garuda mengatakan, pembuatannya dengan panjang delapan meter dan tinggi enam meter ini bahannya terbuat dari daun Nangka dan Jerami Padi.

“Replika burung garuda ini diperkirakan selesai tepat waktu dan siap untuk menjadi salah satu ikon di Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya pada gelaran Tasik Festival,” ujarnya, Selasa (19/7/2022).

BACA JUGA:Kerajinan Bambu Mangunreja Tembus Ekspor

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan olahraga (Kadisparpora) Kabupaten Tasikmalaya Drs H Nana Heryana MM, pada acara HUT Kabupaten Tasikmalaya sebelumnya, warga Desa Salebu sempat membawa replika burung garuda.

“Replika burung garuda sebesar ini, untuk menyemarakan gelaran Tasik Festival yang bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya yang ke-390,” kata dia.

Menurutnya, replika burung garuda ini merupakan simbol negara. Diharapkan, Kabupaten Tasikmalaya menjadi cikal bakal untuk membawa nama baik Indonesia.

BACA JUGA:Hanya Gara-Gara Ini, Pengendara Motor di Mangunreja Dikasih Helem & Beras

“Kami meminta doa dan dukungannya kepada masyarakat Kabupaten Tasikmalaya, agar kegiatan semuanya berjalan lancar dan replika burung garuda ini akan dijadikan ikon di gelaran Tasik Festival,” ujar dia, menjelaskan.

Rencananya, kegiatan akan dilaksanakan mulai tanggal 22 Juli-26 Juli 2022. Ini merupakan salah satu karya anak bangsa yang juga orang Kabupaten Tasikmalaya untuk ditampilkan di gelaran Tasik Festival.

“Sebetulnya potensi di Kabupaten Tasikmalaya ini begitu besar, terutama dalam hal ekonomi kreatifnya seperti dalam pengrajinnya,” kata Nana. (obi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: