13 Kecamatan Terdampak Banjir, Pemkab Garut Tetapkan Situasi Darurat Bencana

13 Kecamatan Terdampak Banjir, Pemkab Garut Tetapkan Situasi Darurat Bencana

GARUT, RADARTASIK.COM— Pemerintah Kabupaten Garut sudah menetapkan darurat bencana atas kejadian banjir yang melanda 13 kecamatan di Kabupaten Garut.

Berdasarkan informasi dari Pusdalops BPBD Kabupaten Garut, banjir dan tanah longsor itu akibat intensitas hujan yang sangat tinggi sejak pukul 17.00 hingga pukul 23.00 Jumat, 15 Juli 2022.

Akibat hujan lebat ini air dari beberapa aliran sungai meluap dan menggenangi permukiman serta terjadinya longsor di beberapa kecamatan.

BACA JUGA: Benteng Kolam Pemandian Air Panas Galunggung Tasikmalaya, Kapolsek Sukaratu Memaparkan Kronologinya

Hingga Sabtu, 16 Juli 2022 pukul 09.45, dampak kerusakan umumnya menimpa rumah warga dan jalan terputus tersebar di 13 kecamatan.

Adapun 13 kecamatan yang terdampak banjir dan tanah longsor yaitu Kecamatan Tarogong Kaler, Tarogong Kidul, Garut Kota, Cikajang, Bayongbong, Karangpawitan, Banyuresmi, Cilawu, Banjarwangi, Cibatu, Talegong, Samarang, dan Pasirwangi.

BACA JUGA: Kampung Naga Tasikmalaya Diterjang Banjir Bandang Luapan Sungai Ciwulan, Ini Wilayah yang Terendam...

Bupati Garut H Rudy Gunawan mengatakan, dengan adanya kejadian banjir dan longsor di beberapa kecamatan ini, Pemkab Garut bersama TNI dan Polri sudah melakukan langkah-langkah penanganan di lapangan.

"Hingga pukul 05.00 pagi saya sudah mendapat laporan dari BPBD ada 8 kecamatan yang terendam banjir dan sekarang kita sudah ditangani," ujar Rudy dalam keterangan resminya, Sabtu pagi.

BACA JUGA: Hentikan Ketergantungan dari Gas Rusia, Italia Cari Sumber Bahan Bakar Alternatif

Rudy menyampaikan, saat ini pihaknya menyatakan Kabupaten Garut dalam keadaan darurat banjir. BPBD, Satpol PP, Dinas Pemadam Kebakaran dibantu oleh TNI dan Polri sudah melakukan evakuasi para penyintas banjir di Kabupaten Garut.

"Alhamdulillah tidak ada korban yang meninggal dunia, tapi tetap kita lakukan langkah-langkah penyelamatan,” ujarnya. 

“Tentu saya berharap kita semua waspada karena hujan hari ini masih turun, dan berdasarkan ramalan bahwa hujan akan ada sepanjang hari ini," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: