BANDUNG, RADARTASIK.COM - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat (Disnakertrans Jabar) luncurkan The New GLIK (Gerai Layanan Info Ketenagakerjaan) bertempat di Kantor Disnakertrans Jabar Jl. Soekarno Hatta No.532 pada Kamis, 13 Oktober 2022.
Peluncuran The New GLIK sebagai fasilitas pelayanan info Ketenagakerjaan di Provinsi Jawa Barat ini dilakukan secara langsung oleh Kepala Disnakertrans Jabar Ir. Rachmat Taufik Garsadi, M.Si.
"Layanan ini ditujukan untuk mengoperasikan dan menata kembali layanan GLIK sebagai sarana pelayanan baik secara daring maupun luring," katanya.
Adapun layanan yang diberikan The New GLIK sendiri meliputi Pelatihan Produktivitas, Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Hubungan industrial dan Jamsos, Pengaduan dan Advokasi.
BACA JUGA: Wajah Tegang Rizky Billar Berbaju Tahanan, Hotma Sitompul Berharap Bisa Berdamai dengan Lesti Kejora
The New GLIK dibuat dengan konsep baru yang lebih ramah terhadap stakeholders ketenagakerjaan, yaitu Tenaga Kerja, Perusahaan, dan Serikat Pekerja.
Harapannya dengan konsep baru itu bisa menciptakan suasana yang humanis dan sesuai dengan standar pelayanan minimal sebagai amanah dari Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik, serta peraturan ombudsman RI nomor 22 tahun 2016, tentang penilaian kepatuhan terhadap standar pelayanan public.
Serta sesuai Permenakertrans Nomor 12 Tahun 2021 Tentang Pelayanan Publik Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.
"Kita sekarang mengubah fungsi untuk memberi pelayanan semudah mungkin, sebaik mungkin, baik untuk serikat pekerja, perusahaan, HRD atau juga para pencari kerja, kita layani di The New GLIK ini," ujar Rachmat Taufik.
BACA JUGA: Semi Pedestrian Jalan Cihideung Bakal Dipasangi Payung Dihiasi Lampu seperti Jalan HZ Mustofa
BACA JUGA: 8 Nama-Nama Jalan Akses Kawasan Semi Pedestrian Kota Tasikmalaya Berikut Kantong Parkirnya
Dia pun mengungkapkan hadirnya The New Glik merupakan bentuk komitmen Disnakertrans Jabar dalam pelayanan prima terhadap publik. Di antaranya dengan menyediakan sarana dan prasarana yang berorientasi pada kebutuhan dan kepuasan pengguna layanan juga mendorong kemudah dan kenyamanan akses untuk melayani para stakeholders ketenagakerjaan.
Apalagi di era revolusi industri 4.0, pelayanan front office melalui Gerai Layanan Info Ketenagakerjaan didukung dengan back office layanan online, yaitu SIKHI untuk Hubungan Industrial, SI-JU untuk pekerja migran, dan ‘SIAP KAKA’ untuk pengaduan dan advokasi, yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun.
"Layanan The New GLIK ini, hybrid bisa langsung di sini (di lingkungan kantor Disnakertrans Jabar, red) atau online," ungkap Rachmat Taufik.