Asyik Ada Makan Bergizi Gratis di Sekolah Selama 90 Hari, IFSR Siapkan 2.500 Porsi

Asyik Ada Makan Bergizi Gratis di Sekolah Selama 90 Hari, IFSR Siapkan 2.500 Porsi

Plh Sekretaris Daerah Kota Bandung Hikmat Ginanjar menyatakan Pemkot Bandung mendukung program Makan Bergizi Gratis di Sekolah.-Jabarprovgoid-

Hikmat mengingatkan beberapa hal terkait program makan gratis ini, mulai dari higenitas, pengemasan hingga sanitasi. Sehingga, program makan gratis dapat berjalan maksimal.

”Makanan harus dijaga higienisnya. Saran menu dan tampilan harus kekinian sehingga anak antusias. Dari mulai penyajian dan tata kelola teknologi pangan harus menarik. Karena program ini akan menasional,” ujarnya.

BACA JUGA: 5 Pilihan Baju Musim Panas Agar OOTD Menyenangkan

Hikmat menyampaikan semua menerima audiensi dari Indonesia Food Security Review terkait Uji Coba Program Makan Bergizi Gratis di Sekolah di Balai Kota Bandung, Senin 13 Mei 2024.

Sekretaris Jenderal IFSR Alfatehan Septianta mengatakan program Makan Bergizi Gratis telah dilaksanakan di Kabupaten Sukabumi. Makan gratis merupakan uji coba program unggulan yang akan digulirkan presiden terpilih.

”Presiden terpilih sudah berkomitmen terkait makan bergizi gratis di sekolah. Kita sudah running di Kecamatan Warungkiara Sukabumi sudah jalan hampir 5 bulan,” katanya.

Dia menerangkan program ini sebagai upaya peningkatan sumber daya manusia. Dalam program ini akan terdapat enam aktivitas utama antara lain pemberian makan dan susu gratis dan bergizi kepada siswa dan guru setiap hari ajar.

BACA JUGA: Pilkada 2024 Kota Tasikmalaya, Selangkah Lagi Muslim Dapat Surat Tugas dari DPP PDI Perjuangan

Penyuluhan terkait hidup sehat dan bergizi untuk keluarga. Melakukan pengukuran dampak dan monitoring evaluasi.

Pemberdayaan komunitas sebagai pekerja pada program. Pemberdayaan penyuplai bahan pangan lokal. Manajemen daur ulang dan nol sampah.

”Sudah kurang lebih ada 5 komoditas yang bisa diterima dari Buruan Sae,” ungkap Alfatehan Septianta. 

Secara teknis, tim IFSR akan membentuk dapur umum dan memasak makanan dengan bahan pangan lokal yang akan didistribusikan ke sekolah penerima manfaat.

BACA JUGA: Ini Rekomendasi 5 Tempat Nongkrong Asyik di Kota Bandung, Cocok untuk Libur Akhir Pekan

Selanjutnya, IFSR akan melakukan uji coba makan siang di beberapa sekolah di 10 kabupaten kota usulan prioritas.

Program ini terlaksana atas dukungan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Barat dan beberapa donor yang memberikan masukan terhadap penentuan indikator pemilihan sekolah mitra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: