Laga Persib di Championship Series Liga Dipastikan Menggunakan VAR, Ini Persiapan dari PT LIB

Laga Persib di Championship Series Liga Dipastikan Menggunakan VAR, Ini Persiapan dari PT LIB

Kabar baik bagi Bobotoh karena laga Championship Series Liga 1 2023/2024 akan menggunakan VAR video assistant referee. Foto: PT LIB--

Sebanyak 2 unit mobil yang diberangkatkan ke Balikpapan dan Bandung untuk pertandingan leg kedua championship series yang bergulir pada 18 dan 19 Mei 2024. 

Saat ini PT LIB mempersiapkan 12 unit VAR Mobile untuk mengarungi kompetisi BRI Liga 1 musim depan. 

BACA JUGA: Bojan Hodak Beberkan Kondisi Pemain Persib Jelang Lawan Bali United, Siap Tampil Semuanya?

BACA JUGA: 5 Tipe Kepribadian Orang Ketika Menggunakan Media Sosial, Kamu Termasuk Yang Mana?

Sebagai gambaran, VAR Mobile digunakan sebagai VAR Room bagi personel perangkat video assistant referee seperti VAR, AVAR (Assistant VAR), dan RO (Replay Operator). Mereka akan bertugas di dalam VAR Mobile yang ditempatkan di dekat stadion.

Berbeda dengan mobil pada umumnya, VAR Mobile tentu dilengkapi berbagai fitur yang dipersiapkan untuk mengakomodir alat-alat VAR. Seperti enam unit layar monitor, komputer, dan server. 

Agar alat-alat VAR bisa beroperasi maksimal, di dalam mobil tersedia tiga buah pendingin udara. 

Satu di VAR Room, dua di ruang server untuk menunjang kinerja perangkat server dan komputer. VAR Mobile juga dilengkap dengan generator.

"Untuk kelengkapan fitur ini kami tidak main-main, mengingat biaya yang dihabiskan untuk alat-alat VAR sangatlah mahal. Sebelum membuat VAR Mobile, kami telah melakukan studi banding ke negara-negara lain yang juga menggunakan VAR Mobile,” ujar Asep. “Kami juga berdiskusi terlebih dahulu dengan pihak karoseri yang mempersiapkan unit-unit VAR Mobile," kata Asep lagi.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pt lib