MenpanRB Minta ASN yang WFH Utamakan Kinerja dan Kualitas Pelayanan, Ini Tujuan Kebijakan WFH Bagi ASN

MenpanRB Minta ASN yang WFH Utamakan Kinerja dan Kualitas Pelayanan, Ini Tujuan Kebijakan WFH Bagi ASN

MenpanRB Abdullah Azwar Anas minta ASN yang WFH utamakan kinerja dan kualitas pelayanan.-Kementerian PANRB-

BACA JUGA: Berikut ini Tips Atasi Ngantuk saat Berkendaraan ketika Arus Balik Lebaran 2024 ala Satlantas Polres Banjar

Dia pun berharap kinerja dan kualitas pelayanan instansi pemerintah, baik yang menerapkan WFO maupun WFH dapat mencapai target pelayanan dan ekselen dalam segala situasi.

Dia menuturkan bahwa WFH yang diterapkan pada tanggal 16 sampai 17 April 2024 maksimal 50 persen dari jumlah pegawai.

Lebih lanjut, dia menginformasikan bahwa penerapan WFH hanya berlaku bagi instansi pemerintah yang berkaitan dengan administrasi pemerintahan dan layanan dukungan pimpinan.

Adapun, instansi pemerintah yang bisa menerapkan WFH maksimal 50 persen di antaranya bagian kesekretariatan, keprotokolan, perumusan kebijakan, penelitian, analisis dan lain-lain.

BACA JUGA: Panduan Praktis Melatih Kucing untuk Buang Air di Kotak Pasir, Pemula Wajib Simak!

Jadi, penerapan WFH di instansi pemerintah bisa 40 persen, 30 persen, 20 persen dan lainnya. Contohnya, apabila instalasi pemerintah menerapkan 50 persen WFH, maka 50 persen ASN lainnya harus WFO.

Terkait teknis pelaksanaan WFH bagi ASN, MenpanRB menyampaikan bahwa hal tersebut telah tertuang dalam Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 1 Tahun 2024 yang ditujukan kepada pejabat pembina kepegawaian di seluruh instansi pemerintah.

Mengutip website resmi KemenpanRB, sebelumnya pemerintah telah mengeluarkan kebijakan libur dan cuti bersama Lebaran 2024 bagi ASN selama 6 hari ditambah libur akhir pekan selama 4 hari.

Dengan demikian, ASN menjalani libur panjang Lebaran selama kurang lebih 10 hari.

BACA JUGA: Ulasan Terbaru Lenovo XiaoXin Pad 2024 Pilihan Terbaik untuk Tablet Android?

Agar keberangkatan ASN menuju tempat dinas tidak berbarengan dalam satu waktu, maka pemerintah pun mengambil langkah untuk melakukan penyesuaian kerja ASN sebagai bagian dari manajemen arus balik Lebaran 2024.

Tujuannya yaitu agar tidak terjadi penumpukan dan kepadatan kendaraan pada momen arus balik Lebaran.

Dengan demikian, arus balik Lebaran 2024 yang akan berlangsung dalam beberapa hari kedepan dapat berjalan dengan lancar aman dan selamat.

Tentunya, kebijakan WFH diterapkan agar masyarakat dapat mudik ceria penuh makna sesuai dengan slogan yang disampaikan Kementerian Perhubungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenpan rb