Doa Ramadhan Hari Ke-23: Disucikan dari Dosa dan Dibersihkan dari Segala Aib

Doa Ramadhan Hari Ke-23: Disucikan dari Dosa dan Dibersihkan dari Segala Aib

Pesan dan makna doa Ramadhan hari ke-23. Foto: freepil/reka foto--

Maka salah satu ciri orang bertakwa adalah selalu hati-hati dalam berbuat sesuatu, selalu mempertimbangkan baik buruknya.

Sedangkan pengertian takwa secara istilah adalah selalu melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. 

Maka saat kita berdoa agar diberikan ketakwaan oleh Allah, sebagaimana dalam doa ramadhan hari ke 23 ini.

Maka sesungguhnya kita memohon kepada Allah agar diberikan kemampuan dalam melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, untuk menjaga diri dari kesengsaraan di dunia dan di akhirat dan meraih kebahagiaan dalam keridhaan-Nya.

4. Allah adalah penghapus kesalahan orang-orang yang berdosa.

Allah Maha Pengampun, Dia akan mengampuni dosa-dosa manusia selama mereka bertaubat dan memohon pengampunan dari-Nya. Allah Ta'ala berfirman:

“Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. An Nisa:110).

Dalam surat Az Zumar ayat 53 Allah menyapa kepada para pelaku dosa untuk menyampailan labar gembira: 

"Katakanlah, Wahai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” 

Demikian uraian mengenai makna dan kandungan doa ramadhan hari ke-23. Semoga bisa menambah amalan ibadah puasa kita di bulan ramadhan ini. Wallahua'lam bishowwab.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: