Doa Ramadhan Hari Ke-23: Disucikan dari Dosa dan Dibersihkan dari Segala Aib

Doa Ramadhan Hari Ke-23: Disucikan dari Dosa dan Dibersihkan dari Segala Aib

Pesan dan makna doa Ramadhan hari ke-23. Foto: freepil/reka foto--

1. Disucikan dari dosa dan aib

Permohonan pertama dalam doa ramadhan hari ke 23 adalah memohon agar Allah mensucikan diri kita dari segala dosa.

Kata dosa dalam kalimat di atas menggunakan kata dzunuubun yang artinya dosa-dosa, kata tersebut merupakan bentuk jamak dari kata dzanbun, yang artinya dosa.

BACA JUGA: Siap-siap Kartu Prakerja Gelombang 66 Kembali Hadir Berikan Insentif Pelatihan Sebesar Rp 600 Ribu Ini Linknya

BACA JUGA: 20 PTN dengan Pendaftar Terbanyak SNBP 2024, Apakah Salah Satu PTN Ada Incaran Kamu di SNBT 2024? Mari Simak!

Penggunaan kata dzunuubun menunjukkan bahwa kita bukan hanya memiliki satu atau dua dosa saja, tetapi dosa-dosa atau banyak dosa. 

Jika satu dosa itu ibarat titik hitam yang ada di kain putih, maka dosa yang banyak seperti kumpulan titik hitam yang berubah menjadi noda hitam besar pada kain.

Maka sudah sepatutnya kita memperbanyak doa kepada Allah, agar memperoleh pengampunan atas segala dosa yang kita lakukan.

2. Dibersihkan dari aib

Aib merujuk pada keburukan atau kejelekan seseorang yang ingin disembunyikan atau tidak ingin diketahui oleh orang lain. 

Istilah ini sering digunakan untuk merujuk pada kesalahan atau perilaku yang dianggap memalukan atau tidak bermoral.

Dalam doa ramadhan hari ke 23 ini, kita memohon agar Allah membersihkan aib-aib kita, yaitu dengan cara menutupinya dari pandangan manusia lalu memberikan kita hidayah untuk melakukan perbuatan baik.

Perbuatan baik inilah yang kemudian bisa  membersihkan aib-aib kita dengan izin Allah, karena kebaikan bisa menghapus keburukan.

3. Ditanamkan ketakwaan di dalam hati 

Takwa secara etimologi artinya menjaga diri, memelihara diri dari segala sesuatu yang membahayakan dan membawa kerugian bagi diri dan kehidupannya, baik di dunia maupun di akhirat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: