Doa Ramadhan Hari Ke-22: Dibukakan Pintu-Pintu Karunia, Diturunkan Keberkahan di Bulan Ramadhan

Doa Ramadhan Hari Ke-22: Dibukakan Pintu-Pintu Karunia, Diturunkan Keberkahan di Bulan Ramadhan

Makna dan Kandungan doa ramadhan hari ke-22. Foto: freepik/reka foto--

Karunia Allah adalah kemurahan atau pemberian Allah kepada manusia, yang jumlahnya tak terhitung.

Inti dari permohonan pertama dalam doa ramadhan hari ke 22 ini adalah minta dibukakan pintu-pintu karunia, di mana kalimat yang digunakan adalah 'Abwaba Fadhlika'.

Abwaba adalah bentuk jamak dari Baabun yang artinya pintu, sehingga abwaba bisa dimaknai sebagai pintu-pintu. 

Disebut pintu-pintu karunia, karena bentuk dari karunia itu sendiri sangat banyak, beberapa contoh karunia Allah di antaranya seperti:

Memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat, memiliki umur yang panjang dan senantiasa melakukan kebaikan, Allah melindungi dan menjaganya, dilimpahkan keberkahan dalam hidup, memiliki pengetahuan yang luas, memperoleh pertolongan Allah ketika mengalami kesulitan hidup, Allah mencintai dan menyayanginya, mendapatkan ketenangan hati, dianugerahi rezeki yang halal dan masih banyak lagi.

2. Mohon diturunkan keberkahan bulan ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, ini merupakan salah satu keistimewaannya.

Memperoleh keberkahan bulan ramadhan tentu saja menjadi pencapaian yang besar yang hanya diberikan kepada orang-orang yang bertakwa.

Pesan dari doa ramadhan hari ke-22 ini adalah kita memohon agar mampu mencapai derajat takwa yang dilimpahi keberkahan bulan suci ramadhan.

3. Mohon pertolongan untuk memperoleh keridhaan Allah

Keridhaan Allah sangat istimewa, dan tidak semua orang bisa mendapatkannya, karena itu kita membutuhkan pertolongan Allah agar senantiasa berada dalam ridho-Nya.

Pertolongan Allah untuk mencapai kerodhaan-Nya itu bisa saja berupa petunjuk atau hidayah, kemudahan dalam beribadah, kesempatan dan kemampuan untuk berbakti kepada orangtua dan hal-hal lain yang disukai-Nya.

Peaan dalam doa ramadhan hari ke 22 ini adalah permohonan untuk bisa melakukan hal-hal yang disukai Allah sebagaimana disebutkan di atas.

4. Mohon ditempatkan di surga-Nya

Permohonan ini mengandung pesan bahwa di bulan ramadhan ini kita berharap agar setiap ibadah dan amal perbuatan bisa mengantarkan kita ke surga-Nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: