Bandara Nusawiru Pangandaran Perlu Tambahan Runway untuk Menampung Pesawat Besar

Bandara Nusawiru Pangandaran Perlu Tambahan Runway untuk Menampung Pesawat Besar

Bandara Nusawiru Kabupaten Pangandaran perlu tambahan runway untuk menampung pesawat besar. deni nurdiansah / radar tasikmalaya--

Bandara Nusawiru Pangandaran Perlu Tambahan Runway untuk Menampung Pesawat Besar

PANGANDARAN, RADARTASIK.COM - Saat ini Bandara Nusawiru hanya bisa menampung pesawat berukuran kecil. Jika ingin menampung pesawat besar, maka harus menambah panjang runway.

Kepala Bandara Nusawiru Hendra mengatakan, saat ini panjang Bandara Nusawiru mencapai 1.400 meter dengan lebar 30 meter.

"Jadi saat ini (Bandara Nusawiru, Red) hanya bisa menampung pesawat untuk jenis ATR saja," paparnya kepada Radar Tasikmalaya, Kamis 14 Maret 2024.

BACA JUGA:Sebelum Penuhi Panggilan Timnas, Marc Klok Dahulukan Persib Lawan Persikabo 1973 karena Alasan Ini

Terang dia, runeway yang diperlukan untuk menampung pesawat yang lebih besar seperti Boeing maka perlu tambahan sepanjang 700 meter.

"Jadi kita butuh tambahan runway itu 2.100 meter dan lebar 45 meter biasanya," terangnya.

Namun sampai saat ini, pihaknya belum bisa memastikan kapan Bandara Nusawiru akan diperpanjang runwaynya. "Kalau sampai saat ini belum ada rencana, kalau keinginan ada," tambahnya.

Selain itu, penambahan fasilitas dan juga pembangunan gedung juga sangat diperlukan. "Kalau sekarang fasilitas yang ada kita maksimalkan," jelasnya.

BACA JUGA:Polisi di Tasikmalaya Waspadai Pedagang Makanan dan Minuman yang Jualan Siang Hari saat Ramadhan

Menurutnya, peningkatan pelayanan juga menjadi hal prioritas, karena mereka memiliki rute baru, yakni Pangandaran-Bandung. "Walaupun sekarang ada penurunan, ya mungkin karena bulan puasa," pungkasnya.

Kata dia, kemungkinan saat memasuki Lebaran nanti, jumlah penumpang akan meningkat. "Mungkin lalulintasnya akan ramai nanti," harapnya.

Menurutnya, untuk transportasi dri bandara, pihaknya sudah koordinasi dengan Dishub untuk siapkan feeder dari Bandara Nusawiru ke tempat wisata.

"Selama ini agak kesusahan penumpang, biasa harus nunggu karena tidak ada feeder," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: