Kabar Baik, Dibutuhkan 2.500 Perawat untuk Bekerja di Kuwait, Ini Kata Menaker Ida Fauziyah

Kabar Baik, Dibutuhkan 2.500 Perawat untuk Bekerja di Kuwait, Ini Kata Menaker Ida Fauziyah

Kuwait membutuhkan 2.500 perawat hingga tahun 2024. Foto: ist/Disway--

Sejak November 2021, Pemerintah Indonesia dan Kuwait telah membahas pengaturan teknis MoU kerja sama penempatan tenaga Kesehatan Indonesia ke Kuwait.

Untuk itu Ida Fauziyah berharap Dubes Indonesia untuk Kuwait dapat memediasi pengembangan kerja sama tersebut agar dapat berjalan dengan baik, sehingga penempatan pekerja migran ke Kuwait dapat terus dilakukan dengan lancar.

BACA JUGA: Ini 3 Bantuan Biaya Pendidikan untuk Mahasiswa Penerima KIP Kuliah 2024, Salah Satunya Uang Saku

BACA JUGA: Ketahui Hukum Puasa Ramadan Bagi Setiap Muslim yang Sudah Baligh, Yuk Sambut Bulan Suci Ramadan!

Sementara itu dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, hubungan RI-Kuwait secara umum berjalan dengan baik dan menunjukkan banyak potensi peningkatan sejak dibukanya hubungan diplomatik pada 28 Februari 1968. 

Hal itu dibuktikan dengan saling kunjung leaders kedua negara, yang terakhir adalah kunjungan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono ke Kuwait pada 29-30 April 2006 dan kunjungan mantan PM Kuwait Sheikh Nasser Al Mohammad Al Ahmad Al Sabah ke Indonesia pada 30 Mei-1 Juni 2007. 

Pertemuan terakhir tingkat Menteri Luar Negeri, yaitu antara Menteri Luar Negeri RI H.E. Retno L.P. Marsudi dan Minister of Foreign Affairs Kuwait H.E. Sheikh Sabah Al Khalid Al Hamad Al Sabah, pada 1-2 September 2019 dalam rangkat Joint Ministerial Committee pertama.

Pertemuan-pertemuan tersebut penting bagi upaya peningkatan kerja sama.

Kedua negara memiliki perhatian dan prioritas yang sama dalam memastikan keamanan dan dengan menggali peluang di berbagai bidang, khususnya perdagangan, investasi, pariwisata dan ketenagakerjaan.  

Indonesia memiliki komoditas ekspor yang masih diminati Kuwait seperti arang, kertas, besi-baja, mesin industri, pakaian, makanan dan furnitur.

Indonesia juga sedang mengembangkan destinasi pariwisata baru yang dapat menjadi tujuan FDI yang menarik bagi Kuwait.

Di sisi lain, Kuwait juga memiliki rencana pembangunan Kuwait 2035 yang masih terbuka sebagai peluang kerja sama seperti pembangunan infrastruktur, inovasi-kewirausahaan (start up business) dan renewable energy. 

Kuwait juga masih memiliki peluang kerja bagi tenaga kerja formal Indonesia seperti sektor perminyakan, keuangan, transportasi, rumah sakit, perhotelan, konstruksi, retail dan percetakan.

Berita ini telah tayang di disway.id dengan judul, Indonesia Fasilitasi Tenaga Kesehatan Bekerja di Kuwait, Butuh 2.500 Perawat

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: