Sekolah di Ciamis Gelorakan Pungut Sampah Plastik untuk Sukseskan HPSN

Sekolah di Ciamis Gelorakan Pungut Sampah Plastik untuk Sukseskan HPSN

Jajaran kepala dan guru MI Handapherang Ciamis siap sukseskan HPSN di lingkungan madrasahnya. fatkhur rizqi / radar tasikmalaya--

Sekolah di Ciamis Gelorakan Pungut Sampah Plastik untuk Sukseskan HPSN

CIAMIS, RADARTASIK.COM - Pada 21 Februari merupakan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Pada peringatan HPSN tahun 2024 ini, mengangkat tema 'Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif.'

Oleh karenanya Pemerintah Kabupaten Ciamis lewat Bupati Ciamis Herdiat membuat surat edaran Imbauan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024 yang ditandatangani pada 15 Februari 2024. 

Arahnya untuk membuat aksi HPSN sesuai tema 'Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif' sebagai upaya untuk mencegah dan mengatasi sampah plastik dengan cara yang produktif. 

BACA JUGA:Diego Simeone: Inter Salah Satu dari 5 Tim Terbaik di Eropa, Selevel dengan Real Madrid

Hal itu menuju pencapaian kesepakatan global dalam International Legally Binding Instrument on Plastic Pollution (ILBI) pada tahun 2024.

Gerakannya seperti seluruh Kepala OPD se-Kabupaten Ciamis agar menginstruksikan pelaksanaan Gerakan Ambil dan Pilah Sampah di wilayah kerjanya masing-masing sesuai dengan tugas dan fungsinya, serta mengikutsertakan seluruh jajaran dan mempublikasikan di media sosial resmi kedinasannya. 

Lalu Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis agar menginstruksikan pelaksanaan aksi bersih-bersih dan pilah sampah di lingkungan terminal di seluruh Kabupaten Ciamis sesuai dengan wilayah kerjanya masing-masing. 

Selanjutnya, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Ciamis agar menginstruksikan pelaksanaan aksi bersih-bersih dan pilah sampah di lingkungan pasar dan pusat perbelanjaan di seluruh Kabupaten Ciamis.

BACA JUGA:Acer Aspire 7 Laptop Kantoran setara Laptop Gaming

Kemudian, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis untuk memerintahkan kepada Kepala Rumah Sakit Umum Daerah dan seluruh Kepala Puskesmas agar melaksanakan aksi bersih-bersih dan pilah sampah di lingkungan kerjanya. 

Lebih lanjut, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis untuk memerintahkan kepada kepala sekolah se-Kabupaten Ciamis agar melaksanakan aksi bersih-bersih dan pilah sampah dengan melibatkan guru dan siswa di lingkungan sekolah.

Sedangkan tingkat seluruh Camat agar memerintahkan kepada lurah/kepala desa dalam pelaksanaan aksi bersih-bersih dan pilah sampah yang melibatkan seluruh aparatur desa dan masyarakat sampai ke tingkat RT/RW. 

Terakhir kepada seluruh pimpinan perusahaan di Kabupaten Ciamis agar melaksanakan aksi bersih-bersih dan pilah sampah dengan melibatkan seluruh jajarannya di lingkungan perusahaannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: