Kata Menkop, Rumah Produksi Bersama Bisa Tingkatkan Kualitas Produk Kulit Kabupaten Garut

Kata Menkop, Rumah Produksi Bersama Bisa Tingkatkan Kualitas Produk Kulit Kabupaten Garut

Menkop UKM RI Teten Masduki mengunjungi dan meresmikan Rumah Produksi Bersama Kulit di Kabupaten Garut, kemarin Sabtu 17 Februari 2024. agi sugiana / radar tasikmalaya--

Kata Menkop, Rumah Produksi Bersama Bisa Tingkatkan Kualitas Produk Kulit Kabupaten Garut

GARUT, RADARTASIK.COM - Gedung PKL 1 di Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut sudah lama tidak terpakai karena ditinggalkan para pedagangnya. Kini bangunan itu disulap menjadi rumah produksi bersama.

Menkop (Menteri Koperasi) UKM RI, Teten Masduki meresmikan rumah produksi bersama ini, kemarin Sabtu 17 Februari 2024. Kata dia sangat penting menjaga kualitas dalam menjalankam produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). 

Dia berharap dengan adanya rumah produksi bersama yang dilengkapi dengan peralatan produksi modern ini, produk kulit khas Garut semakin berkualitas dan bersaing dengan produk luar.

BACA JUGA:Partai Gerindra Sementara Paling Banyak Raih Suara di Tasikmalaya dalam Pileg 2024

Ia mengusulkan agar Pemerintah Kabupaten Garut melengkapi rumah produksi bersama dengan mesin-mesin baru setiap tahunnya guna mendukung pertumbuhan bisnis ini.

"Karena industri itu terus berkembang, kita juga harus terus mengikuti alat-alat produksi modern dan jadi ini betul-betul perlu kemampuan manajerial supaya pabrik ini tidak mengalami penuaan. Tapi terus berkembang," paparnya.

Rumah produksi bersama ini juga diharapkan dia dapat menjadi tempat pengolahan produk bagi pelaku UMKM kulit di Kabupaten Garut, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas produksi mereka.

"Tadi yang saya tanya alat potongnya itu jauh lebih presisi, jauh lebih cepat, tidak banyak makan waste, itu cukup bagus," terangnya.

BACA JUGA:Prosedur Pendaftaran KIP Kuliah 2024 yang Tak Boleh Dilewatkan Calon Mahasiswa Baru

Ia menambahkan, jadi orang yang punya konveksi-konveksi di luar konveksi kecil-kecil motongnya bisa di rumah produksi bersama, sehingga bisa lebih cepat dan lebih presisi. Lalu untuk menjahitnya bisa kembali dilalukan di tempat masing-masing. 

Penjabat Bupati Garut Barnas Adjidin menuturkan, produk kulit Sukaregang telah menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Garut. Baik karena keberagaman, maupun kualitasnya yang tidak kalah dengan produk internasional.

Barnas menekankan pentingnya memanfaatkan rumah produksi bersama ini dengan baik, mengingat investasi dalam peralatan produksi yang modern bukanlah hal yang murah.

Ia juga mengajak seluruh jajarannya untuk mendukung penggunaan rumah produksi bersama ini agar bermanfaat bagi masyarakat Garut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: