Tangani Sampah 50 Ton Tiap Hari, Pemkot Banjar Terapkan Sistem Baru Agar Tidak Timbulkan Bau

Tangani Sampah 50 Ton Tiap Hari, Pemkot Banjar Terapkan Sistem Baru Agar Tidak Timbulkan Bau

Pj Wali Kota Banjar Hj Ida Wahida Hidayati meresmikan revitalisasi TPA Cibeureum, Kamis 28 Desember 2023.-Anto Sugiarto/Radartasik.com-

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar Eri Wardana membenarkan dalam pemrosesan sampah di TPA Cibeureum saat ini menggunakan sistem sanitary landfill.

”Kita sudah sediakan bak untuk ipalnya dan jarak dari bibir Sungai Citanduy sekitar 100 meter sesuai rekomendasi para pakar,” tuturnya.

BACA JUGA: DUH, Galaxy A15 5G dan Galaxy A25 5G Meluncur di India, Kapan HP Samsung Harga Murah Rilis di Indonesia

Sel aktif dalam penanganan sampah bisa menampung sekitar 100 ribu ton. Nanti air limbah sampai yang sudah melalui proses sistem sanitary landfill tanpa menimbulkan bau.

Hal tersebut nanti akan dibuktikan dengan menampung air limbah sampah ke dalam bak yang sudah disediakan kemudian ditanami ikan.

”Jika ikan hidup berarti kualitas air limbah dari pemrosesan sampah berhasil dan itu bisa langsung dibuang ke sungai,” jelasnya. 

Dia menerangkan total luas TPA Cibeureum sekitar 10 hektare dari atas hingga bawah. Sementara yang baru direvitalisasi seluas 7 hektare.

BACA JUGA: Bukti Sejarah, Ketahui Candi Ronggeng yang Menjadi Satu-satunya Candi di Kabupaten Ciamis, Ini Lokasinya

Dengan menggunakan sistem ini diharapkan permasalahan sampah di Kota Banjar bisa diatasi dan masyarakat sadar mengurangi produksi sampah setiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: