Bukti Sejarah, Ketahui Candi Ronggeng yang Menjadi Satu-satunya Candi di Kabupaten Ciamis, Ini Lokasinya

Bukti Sejarah, Ketahui Candi Ronggeng yang Menjadi Satu-satunya Candi di Kabupaten Ciamis, Ini Lokasinya

Bukti sejarah, ketahui Candi Ronggeng yang menjadi satu-satunya candi di Kabupaten Ciamis, ini lokasinya.-IG disparciamis-

Bukti Sejarah, Ketahui Candi Ronggeng yang Menjadi Satu-satunya Candi di Kabupaten Ciamis, Ini Lokasinya

CIAMIS, RADARTASIK.COM - Candi Ronggeng merupakan satu-satunya candi yang berada di Kabupaten Ciamis. Candi Ronggeng menjadi candi peninggalan umat Hindu yang penamaannya berkaitan dengan mitos yang berkembang di masyarakat.

Candi Ronggeng yang berada di Kabupaten Ciamis ditemukan pada tahun 1976. Bangunan suci peninggalan umat Hindu ini terletak di Desa Sukajaya, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis.

Lokasi tempat ditemukannya Candi Ronggeng tepat berada di bagian timur dari Sungai Ciseel. Ditemukannya Candi Ronggeng berawal dari penelitian dan penggalian arkeologi yang dilakukan di sekitar aliran Sungai Ciseel pada tahun 1976.

Penelitian yang dilakukan arkeologi itu dilaksanakan setelah adanya laporan penemuan yoni, nandi, dan batu-batu candi di daerah aliran Sungai Ciseel.

BACA JUGA:Wah Ternyata di Kabupaten Ciamis Ada Candi, Namanya Candi Ronggeng yang Ditemukan pada Tahun 1976

Penelitian pun dilanjutkan di tahun 1977 dan 1978, serta 1983 yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Arkeologi Nasional. Kemudian, pada tahun 1984 ditemukan struktur batu yang berbahan batu pasir saat membuka kotak ekskavasi.

Lokasi penemuan batu pasir itu rata-rata pada kedalaman 140 centimeter di bawah permukaan tanah.

Dari penemuan candi di area Sungai Ciseel ini, peneliti menyimpulkan ukuran Candi Ronggeng berukuran 8 x 8 meter. Peneliti juga menemukan bukti tertulis yang belum lengkap berupa potongan-potongan tulisan kecil yang tidak utuh.

Namun, karena tidak ada tulisan yang langsung mengacu pada sejarah Candi Ronggeng, peneliti masih kesulitan untuk menentukan kapan Candi Ronggeng dibangun.

BACA JUGA:Ini yang Membuat Pelatih Fisik Kroasia Kagum dengan Pemain Persib Bandung, Ini Bedanya dengan Klub Malaysia

Ada dua pendapat mengenai kapan bangunan suci umat Hindu itu dibangun. Pendapat yang pertama menyebut bahwa Candi ronggeng dibangun pada abad ke-13 hingga abad ke-16.

Pendapat yang kedua dari Peter Ferdinandus yang menyebut bahwa Candi Ronggeng diperkirakan dibangun antara abad ke-8 hingga abad ke-16.

Adanya Candi Ronggeng di Kabupaten Ciamis ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari sejarah daerah Kawasen, Kawali, dan Ciung Wanara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dispar ciamis