Green Canyon Kabupaten Pangandaran Siapkan Mitigasi Bencana Jelang Natal dan Tahun Baru 2024

Green Canyon Kabupaten Pangandaran Siapkan Mitigasi Bencana Jelang Natal dan Tahun Baru 2024

Suasana Green Canyon Kabupaten Pangandaran, Kamis 14 Desember 2023. deni nurdiansyah / radartasik.com--

Green Canyon Kabupaten Pangandaran Siapkan Mitigasi Bencana Jelang Natal dan Tahun Baru 2024

PANGANDARAN, RADARTASIK.COM - Objek Wisata Green Canyon di Kabupaten Pangandaran siap mengantisipasi datangnya para musim hujan saat Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Ketua Pokdarwis Green Canyon Iyus mengatakan, pihaknya sudah siap menghadapi lonjakan pengunjung saat Nataru nanti.

"Bisa dibilang on fire, dengan segala bentuk kesiapan dari personel sampai fasilitas," paparnya kepada Radar Tasikmalaya, Kamis 14 Desember 2023.

BACA JUGA:Ratusan Atlet Ikuti Kejuaraan Tinju Amatir Simpang Jawara Kota Tasikmalaya, ini Harapan Ivan

Terang dia, pihaknya sudah melakukan bersih sungai. Apalagi kondisi air saat ini sedang hijau. "Biasanya kalau warna cokelat wisatawan kadang kurang suka," terangnya.

Menurutnya, mitigasi bencana juga sudah disipakan, terutama mengantisipasi turunya hujan. "Kita punya titik informasi di hulu yang biasanya memberitahu ketinggian debit air," bebernya.

Biasanya, tambah dia, information suport tersebut akan memberikan informasi lebih cepat jika di hulu sudah mengalami ketinggian air. "Karena estimasi air sampai ke Green Canyon juga cukup lama," tambahnya.

Estimasi kedatangan air ini kurang lebih sekitar 1 sampai 2 jam. "Jadi harus sangat cepat menyampaikan informasinya," jelasnya.

BACA JUGA:Suzuki Luncurkan X Limited, Model Truk Ringan Super Carry, Yuk Intip Fitur Barunya

Jika debit air sudah sampai 100 centimeter, maka sudah dianggap membahayakan untuk melakukan kegiatan. "Kegiatan perahu ataupun body rafting tidak bisa dilakukan," tukasnya.

Guide Greenn Canyon, Agus Gunawan menuturkan, pihaknya sudah mempersiapkan 600 tiket per hari untuk Nataru. "Estimasi segitu, tapi kita siapkan cadangan kalau memang membludak," tuturnya.

Kata dia, kondisi kunjungan saat ini sudah berjalan normal. "Memang sejak Covid-19 berakhir kunjungan agak menurun, sekarang sudah normal lagi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: