Alasan Temulawak Ditetapkan Sebagai Tanaman Obat Unggulan, Salah Satunya Mampu Obati Fatty Liver

Alasan Temulawak Ditetapkan Sebagai Tanaman Obat Unggulan, Salah Satunya Mampu Obati Fatty Liver

Alasan temulawak ditetapkan sebagai tanaman obat unggulan. Salah satunya mampu mengobati fatty liver.-Kementerian Kesehatan-

Alasan Temulawak Ditetapkan Sebagai Tanaman Obat Unggulan, Salah Satunya Mampu Obati Fatty Liver

JAKARTA, RADARTASIK.COMKementerian Kesehatan menetapkan temulawak sebagai tanaman obat unggulan Indonesia.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan alasan penetapan temulawak sebagai tanaman obat tradisional unggulan Indonesia.

Kata dia, itu didasarkan pada banyaknya kandungan yang terdapat di tanaman tersebut seperti zat besi, vitamin, kalsium, sodium dan asam folat.

BACA JUGA: Spesifikasi Redmi Note 13 Pro Max Kamera 108MP dan Ram 6GB di Hargai Cuma Segini

BACA JUGA: 3 Pemain Persib Dilepas ke Tim Ini Usai Ditahan Imbang Arema FC, Posisinya Gelandang dan Bek

Selain itu, temulawak juga mengandung banyak zat aktif. Salah satunya kurkuminoid yang berkhasiat untuk mencegah berbagai penyakit hati seperti sirosis, fatty liver bahkan kanker hati.

Pengobatan penyakit fatty liver sangat susah tapi ada tanaman temulawak yang bisa mengobati. Karena itu butuh antioksidan yang bernama kurkumin dari temulawak.

Menkes menyampaikan itu dalam pameran alat kesehatan dan farmasi dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-59 di JCC Senayan, Jakarta, Kamis 9 November 2023.

Dengan penetapan ini, ia berharap ke depan upaya pengembangan dan riset kandungan dalam tanaman temulawak terus dilakukan agar lebih banyak mendapatkan manfaat kesehatan yang didapatkan.

BACA JUGA: Hasil Laboratorium Suspek Cacar Monyet di Kabupaten Garut Negatif

BACA JUGA: Kecanggihan AI Camera Galaxy Hadir Berkat Pembaruan One UI 6

Di tengah perkembangan riset temulawak sebagai bahan baku obat, kata dia, sektor farmasi dapat membantu mempromosikan temulawak sehingga dapat dikenal secara luas tidak hanya nasional tapi juga global.

Selain menetapkan temulawak sebagai obat tradisional unggulan Indonesia, Kementerian Kesehatan bekerja sama meningkatkan konsumsi jamu pada masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: