Hasil Laboratorium Suspek Cacar Monyet di Kabupaten Garut Negatif

Hasil Laboratorium Suspek Cacar Monyet di Kabupaten Garut Negatif

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Leli Yuliani. agi sugiana / radar tasikmalaya--

Hasil Laboratorium Suspek Cacar Monyet di Kabupaten Garut Negatif 

GARUT, RADARTASIK.COM - Kasus cacar monyet saat ini memang sedang marak terjadi di beberapa daerah di indonesia, tidak terkecuali di Kabupaten Garut.

menurut laporan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut sebelumnya ada satu warga yang suspek cacar monyet.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Garut, Leli Yuliani mengatakan, pihaknya sebelumnya memang telah menemukan satu kasus suspect Monkeypox atau cacar monyet.

BACA JUGA:Kecanggihan AI Camera Galaxy Hadir Berkat Pembaruan One UI 6

"Setelah pemeriksaan laboratorium hasilnya negatif, Alhamdulillah," katanya, Kamis 9 November 2023.

Terang dia, dengan hasil laboratorium itu maka di Kabupaten Garut belum ditemukan kasus cacar monyet, seperti yang terjadi di daerah lain.

"Jadi di Kabupaten Garut belum ada kasus Monkeypox ini ya, zero kasus," terangnya.

Kadinkes Garut mengimbau masyarakat untuk berperilaku sehat, menjaga jarak dengan orang yang menunjukkan gejala Monkeypox. 

BACA JUGA:Ini Keinginan Bupati Tasikmalaya Setelah Eks Terminal Cilembang Dibongkar, Jadi Hotel Kah?

"Dan juga jangan sampai berhubungan seksual yang bebas ya, yang berganti ganti pasangan atau juga yang sesama jenis, terutama laki-laki dan laki-laki," sarannya.

Sementara itu Kepala Kelompok Staf Medis (KSM) Kulit dan Kelamin RSUD dr. Slamet Garut, dr Hilman Wildan menuturkan, Penularan cacar monyet ini bisa melalui kontak dengan individu atau hewan yang terinfeksi, serta melalui hela nafas atau droplet. 

"Dan kasus ini memang awalnya ditemukan pada binatang, sehingga bisa juga menular dari binatang ke manusia. Walaupun ada laporan kasus menyebutkan juga bisa dari manusia malah ke binatang juga," tuturnya.

Dr Hilman menekankan perlunya meningkatkan daya tahan tubuh dan menjalani gaya hidup sehat sebagai bentuk pencegahan agar tidak terpapar cacar monyet ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: