TENYATA Begini Analisis Gempa Cianjur Kamis Malam Menurut PVMBG

TENYATA Begini Analisis Gempa Cianjur Kamis Malam Menurut PVMBG

Begini hasil analisis gempa Cianjur Kamis malam menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.-Kementerian ESDM-

”Sebagian batuan berumur tersier dan batuan rombakan gunung api muda tersebut telah mengalami pelapukan. Endapan kuarter dan batuan yang telah mengalami pelapukan pada umumnya bersifat lunak, lepas, belum kompak dan memperkuat efek guncangan sehingga rawan gempa bumi,” jelas dia.

Mengenai penyebab gempa, Hendra menyatakan, berdasarkan posisi lokasi pusat gempa bumi dan kedalaman, maka kejadian gempa bumi ini diakibatkan oleh aktivitas penunjaman sesar atau disebut gempa bumi intraslab yang umumnya dengan mekanisme sesar naik.

BACA JUGA: Pasangan Kekasih di Tasikmalaya Diciduk Polisi Setelah Menganiaya Karyawan Swasta

BACA JUGA: Pemain Borneo FC Berlabel Timnas Indonesia Akui Melawan Persib Jadi Laga yang Sulit, Ini Komentarnya

Selain meminta masyarakat tetap tenang, Hendra meminta masyarakat yang akan membangun di wilayah Jawa Barat selatan menggunakan konstruksi bangunan tahan gempa guna menghindari risiko kerusakan.

Karena wilayah Jawa Barat selatan tergolong rawan gempa bumi dan tsunami, tegas dia, wajib ditingkatkan upaya mitigasi melalui mitigasi struktural dan non struktural.

Dia menandaskan jika akan membangun harus menggunakan konstruksi bangunan tahan gempa bumi guna menghindari risiko kerusakan serta dilengkapi jalur dan tempat evakuasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: