Berlatih Menyusun Modul Ajar Bersama Tim Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Siliwangi

Berlatih Menyusun Modul Ajar Bersama Tim Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Siliwangi

Berlatih Menyusun Modul Ajar Bersama Tim Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Siliwangi.-Foto: istimewa-

Berlatih Menyusun Modul Ajar Bersama Tim Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Siliwangi

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Berubahnya kurikulum pendidikan di Indonesia memberikan dampak yang sangat signifikan dalam penyusunan perangkat pembelajaran oleh guru

Salah satu bentuk perubahan mendasar pada kurikulum Merdeka yang saat ini mulai diimplementasikan di sekolah-sekolah adalah para guru harus mampu memahami dan menyusun Modul Ajar sebagai salah satu perangkatnya.

Tak terkecuali di Kota Tasikmalaya, sekolah-sekolah telah memulai melaksanakan Kurikulum Merdeka secara bertahap. 

BACA JUGA:PROMO! Beli dulu Bayar Nanti BCA Paylater Hadir Tanpa Bunga, Buruan Coba Waktu Terbatas

Dalam menyikapi fenomena tersebut, tim Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) LP2M Universitas Siliwangi dengan skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM) melaksanakan kerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris SMP Kota Tasikmalaya yang bertujuan meningkatkan kompetensi guru Bahasa Inggris dalam menyusun perangkat pembelajaran.

Bentuk PPM yang dilaksanakan adalah pelatihan mengenai penyusunan Modul Ajar berbasis Kurikulum Merdeka. Selain itu, kegiatan ini pun memberikan pencerahan kepada para guru dalam menyelaraskan persepsi terhadap perubahan kurikulum pendidikan di Indonesia saat ini.

Tim PPM ini dilaksanakan oleh dosen-dosen Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNSIL yang diketuai oleh Metty Agustine Primary, S.Pd., M.Pd., dan beranggotakan Rahmat, S.Pd., M.Hum, Neni Marlina, S.Pd., M.Pd., dan Fera Sulastri, S.Pd., M.Pd., telah memberikan program pelatihan dan pendampingan yang sangat komprehensif. 

Tiga orang mahasiswa pun dilibatkan sebagai anggota PPM dalam hal membantu pelaksanaan PPM secara luring.

BACA JUGA:Hari ini Penerbangan Perdana Citilink dari Bandara Wiriadinata Tasikmalaya ke Jakarta

Dalam kegiatan ini pula melibatkan narasumber yang memiliki sertifikat sebagai instruktur nasional dalam program Sekolah Penggerak yaitu Laely Armiati, S.Pd., M.Pd. dan Yayan Saofyan Saury, M.Pd., sebagai narasumber lainnya dari pihak MGMP yang juga pendamping Guru Penggerak.

Pelatihan ini dilaksanakan selama satu bulan mulai tanggal 08 Agustus sampai dengan 07 September 2023, melibatkan sebanyak 17 orang guru Bahasa Inggris SMP yang berada di Kota Tasikmalaya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: