Cegah Rabies, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya Sediakan Vaksin Gratis

Cegah Rabies, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya Sediakan Vaksin Gratis

Ilustrasi kucing sedang divaksin. Istimewa-tangkapan layar ponsel--

Cegah Rabies, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya Sediakan Vaksin Gratis

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Dalam upaya untuk mencegah penyakit rabies pada hewan, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Tasikmalaya telah menyediakan vaksin rabies secara gratis.

Nuraedidin, kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kabupaten Tasikmalaya, mengungkapkan bahwa saat ini pemerintah Kabupaten Tasikmalaya menyediakan vaksin rabies gratis untuk hewan seperti kucing, anjing, dan lainnya. 

"Vaksin ini tersedia secara gratis, warga yang memiliki hewan dapat datang langsung ke kantor dinas," ujarnya kepada radartasik.com, Rabu 19 September 2023.

BACA JUGA:Jika Ingin Bertahan di Persib, Levy Madinda Ditantang Bojan Hodak Penuhi Syarat Ini

Program vaksin gratis ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia. Maka, pada Sabtu besok, dijadwalkan akan ada kegiatan vaksinasi rabies gratis untuk hewan. 

"Sebenarnya, kami telah melaksanakan kegiatan ini sejak minggu lalu, dan puncaknya akan berlangsung pada Sabtu besok," tambahnya.

Nuraedidin menjelaskan bahwa warga Kabupaten Tasikmalaya yang memiliki hewan yang berpotensi terkena rabies dapat melakukan vaksinasi di halaman Kantor Dinas Pertanian.

"Ini adalah upaya kami untuk mengantisipasi, meskipun hingga saat ini kami belum menerima laporan mengenai hewan terjangkit rabies," katanya.

BACA JUGA:DPRD Kabupaten Tasikmalaya Fasilitasi Kesejahteraan Guru PAI

Meskipun belum ada laporan mengenai hewan yang terinfeksi virus rabies di Kabupaten Tasikmalaya, vaksinasi rabies memiliki manfaat penting dalam pencegahan. 

"Kami melihat bahwa banyak warga yang kini lebih peduli terhadap kesehatan hewan mereka, terutama dengan mengunjungi dokter hewan," tambahnya.

Dalam program vaksinasi gratis ini, Dinas Pertanian tidak menetapkan target jumlah hewan yang harus divaksinasi. 

Namun, mereka berharap seluruh warga yang memiliki hewan berpotensi rabies dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan vaksinasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: