Keren! Kota Banjar Buka Wisata Baca Literasi, Inovasi Baru untuk Tingkatkan Minat Baca

Keren! Kota Banjar Buka Wisata Baca Literasi, Inovasi Baru untuk Tingkatkan Minat Baca

Lokasi Wisata Baca Literasi di Kota Banjar dibuka di Perpustakaan Daerah untuk meningkatkan minat baca para pelajar.-Foto: anto sugiarto/radartasik.disway.id-

Keren! Kota Banjar Buka Wisata Baca Literasi, Inovasi Baru untuk Tingkatkan Minat Baca

KOTA BANJAR, RADARTASIK.COM - Buku adalah gudangnya ilmu. Tentu dengan membaca buku akan menambah wawasan dan pengetahuan. Membaca buku bisa bisa dilakukan di mana saja. Baik di rumah maupun di perpustakaan. 

Upaya mendongkrak minat baca buku di kalangan siswa, Perpustakaan Daerah Kota Banjar memiliki inovasi yaitu Wisata Bali atau Wisata Baca dan Literasi. 

Wisata Baca Literasi yang kerap disebut Wisata Bali, merupakan inovasi baru untuk mendongkrak minat baca siswa sekolah agar datang ke Perpustakaan Daerah Kota Banjar untuk membaca berbagai macam buku juga penerapan literasi sejak dini. 

BACA JUGA:Ikatan Motor Honda Bandung Rayakan Hari Jadi ke-21, Ada Ratusan Bikers yang Berkumpul

Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Kota Banjar Nia Kania melalui Sekdis Budi Hendrawan mengatakan Wisata Baca Literasi  atau istana Bali ini digagas untuk mendongkrak minat baca di kalangan siswa. 

"Wisata Baca Literasi ini baru kita cetus di bulan Agustus ini, jika antusiasnya cukup baik maka akan terus berlanjut," ucapnya Senin 28 Agustus 2023. 

Sejak pertama kali dicoba, Wisata Baca Literasi banyak diminta siswa terutama anak-anak PAUD maupun TK.

Mereka datang menggunakan odong-odong dke Perpustakaan Daerah Kota Banjar, layaknya hendak pergi berwisata.

BACA JUGA:Dapatkan Saldo GoPay Coins Gratis Hingga 20 Persen, Caranya Cukup Transaksi di Toko Online Ini

Saat ini rata-rata jumlah pengunjung yang datang ke Perpustakaan Daerah Kota Banjar 200 orang setiap hari kerja, mulai dari siswa PAUD, TK, SD, MI, SMP dan MTs. 

"Alhamdulillah ada peningkatan jumlah pengunjung yang datang. Kita targetkan sekitar 250 hingga 300 orang pengunjung tiap hari kerja," tegasnya. 

"Hingga sampai saat ini pengunjung sudah mencapai 5000 lebih orang yang datang sejak Wisata Baca Literasi dicoba," tambah Budi.

Lanjut dia, Wisata Baca Literasi ini mereka yang datang tidak hanya membaca buku saja tapi juga mendongeng, mereview dan juga diskusi bersama. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: