Awas! Jangan Bakar Sampah Sembarangan, Lahan Kosong di Kota Banjar Terbakar

Awas! Jangan Bakar Sampah Sembarangan, Lahan Kosong di Kota Banjar Terbakar

Kebakaran lahan kosong di Kota Banjar yang belum diketahui penyebab pastinya.-Foto: istimewa-

Awas! Jangan Bakar Sampah Sembarangan, Lahan Kosong di Kota Banjar Terbakar

KOTA BANJAR, RADARTASIK.COM - Sebuah lahan kosong di samping Perum Graha Banjar Raharja (GBR) di lingkungan Haurmukti Kelurahan Purwaharja Kecamatan Purwaharja Kota Banjar kebakaran pada Jumat 11 Agustus 2023 siang. 

Kepala UPTD Damkar Kota Banjar Aam Amijaya mengatakan luas lahan kosong yang kebakaran sekitar 30 kali 30 meter atau 900 meter persegi. 

"Kita mendapat laporan warga sekitar perum tiba-tiba melihat api sudah menjalar di lahan kosong," ucapnya kepada awak media. 

BACA JUGA:Jawab Penantian Konsumen, AHM Luncurkan Sepeda Motor Listrik Honda EM1 e:

Terlebih, menurut dia lahan kosong tersebut banyak tumbuh ilalang ditambah kondisinya yang kering. 

Setelah mendapat informasi sekitar Pukul 11.29 WIB sebelum Jumatan, anggota langsung terjun ke lapangan untuk melakukan pemadaman. 

Pihaknya menerjukan dua unit armada Damkar untuk memadamkan api, agar tidak membakar ilalang lebih luas lagi terlebih dekat dengan pemukiman warga. 

"Untuk penyebab pastinya belum diketahui. Apakah dari pergesekan dedaunan kering akibat cuaca panas atau puntung rokok," jelasnya. 

BACA JUGA:PSS Sleman Punya Modal Bagus, Marian Mihail Enggan Terlalu Percaya Diri Melawan Bhayangkara FC: Main Menyerang

Lanjut dia, api berhasil dipadamkan sekitar sejam pasalnya letak lokasi yang berdekatan dengan lahan yang lain penuh dengan ranting pohon dikhawatirkan apinya merambat. 

Ditambah kondisi saat terjadi kebakaran lahan kosong cuaca cukup panas, karena persis disiang bolong sehingga menyulitkan sedikit proses penanganan pemadaman api. 

"Alhamdulillah akibat kebakaran lahan kosong tersebut tidak ada korban jiwa. Karena tidak ada ditemukan orang satu pun," tegasnya. 

Aam menambahkan, pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak melakukan pembakaran sampah dan buang puntung rokok sembarangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: