Presiden Joe Biden Diundang ke KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta untuk Kerja Sama Regional

Presiden Joe Biden Diundang ke KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta untuk Kerja Sama Regional

Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutannya pada Peringatan HUT ke-56 ASEAN di Nusantara Hall, Gedung Sekretariat ASEAN, Selasa 8 Agustus 2023.-BPMI Setpres/Muchlis Jr-

Presiden Joe Biden Diundang ke KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta untuk Kerja Sama Regional

RADARTASIK.COM – Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah diundang untuk hadir dalam KTT Ke-43 ASEAN yang akan diadakan di Jakarta pada tanggal 5 hingga 7 September 2023.

Presiden Joko Widodo mengumumkan terkait undangan untuk Presiden Joe Biden di Gedung Sekretariat ASEAN di Jakarta pada Selasa 8 Agustus 2023.

Joko Widodo menyatakan semua hal masih dalam proses dan konfirmasi mengenai kehadiran Biden masih sedang berlangsung.

BACA JUGA: Jasad Pria Tanpa Identitas di Pinggir Jalan Tasikmalaya Dikenal Warga Bernama Wawan

Dia juga menegaskan kehadiran kepala negara non ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) lainnya juga masih dalam tahap proses.

Harapannya, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang akan datang dapat siap sepenuhnya pada bulan September mendatang.

Penting untuk dicatat bahwa Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan telah membahas kehadiran Joe Biden dalam KTT ASEAN saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken di Washington DC.

Indonesia dan AS sepakat mengenai pentingnya partisipasi Biden dalam KTT ASEAN ini sebagai upaya untuk memperkuat dialog dan kerja sama regional yang lebih erat.

BACA JUGA: Alhamdulillah! Peserta Jambore Pramuka Sedunia SMAIT Mentari Ilmu Karawang Semuanya Sehat

Indonesia juga mendapat apresiasi dari AS atas peranannya dalam memimpin ASEAN dan dukungannya terhadap peran utama ASEAN sebagai pemangku kepentingan kunci di kawasan tersebut.

Dilansir laman resmi Presiden RI disebutkan Indonesia terus mematangkan persiapan jelang penyelenggaraan KTT ke-43 ASEAN.

Dalam keterangan persnya di hadapan awak media di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, pada Selasa, 8 Agustus 2023, Presiden Joko Widodo berharap semua hal terkait KTT tersebut akan siap pada waktu penyelenggaraan.

”Ini semuanya sudah direncanakan, semuanya sudah disiapkan dan kita harapkan nanti pada saat KTT ASEAN semuanya sudah 100 persen siap di bulan September,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: