ASYIKNYA, PPPK Bakal Dapat Jaminan Pensiun dan Jaminan Hari Tua dengan Skema Defined Contribution

ASYIKNYA, PPPK Bakal Dapat Jaminan Pensiun dan Jaminan Hari Tua dengan Skema Defined Contribution

PPPK bakal dapat jaminan pensiun dan jaminan hari tua dengan skema defined contribution.-Ilustrasi/Kementerian PAN RB-

BACA JUGA: Hobi Terabasan, Begini Teknik Aman dan Nyaman Naik Motor Trail

Namun, desain NDC dinilai lebih transparan apabila dibandingkan dengan desain manfaat pasti dengan ICA karena iuran peserta dicatat di dalam rekening atas nama peserta secara notional.

Desain ini memiliki risiko pasar yang relatif kecil mengingat investasi dan tingkat bunga hasil investasi ditentukan oleh pemerintah. Selain itu, desain ini tidak memerlukan biaya investasi dan biaya administrasi yang tinggi.

Walaupun desain NDC merupakan kombinasi dari desain manfaat pasti dan iuran pasti serta mengurangi potensi risiko yang timbul dari kedua desain tersebut, namun desain NDC juga memiliki kelemahan.

Sebagaimana desain iuran pasti, desain NDC yang bersifat transparan dapat mendorong tuntutan agar manfaat pensiunnya dibayarkan secara sekaligus bukan berkala. Besaran manfaat akan menjadi lebih kecil apabila tingkat imbal hasilnya lebih kecil dari iuran pasti. 

Oleh karena itu, desain ini tidak memiliki potensi keuntungan apabila dibandingkan dengan skema yang melakukan investasi dana ke dalam pasar keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: