BUMdes di Pangandaran Dapat Pemahaman dari Unsil Soal Tata Kelola dan Penyusunan Keuangan

BUMdes di Pangandaran Dapat Pemahaman dari Unsil Soal Tata Kelola dan Penyusunan Keuangan

Tim Dosen Jurusan Akutansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsil saat kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat di Kabupaten Pangandaran. istimewa--

BUMdes di Pangandaran Dapat Pemahaman dari Unsil Soal Tata Kelola dan Penyusunan Keuangan

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Dosen Jurusan Akutansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi (Unsil) melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat.

Dalam kegiatan Tridharma Perguruan tinggi pada 25 Juli 2023 itu, pihak Unsil melaksanakan Penyuluhan Laporan Keuangan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) berbasis aplikasi.

Hal ini untuk mencapai akuntabilitas informasi akuntansi kepada BUMDes Guha Bau, Desa Kertayasa, Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

BACA JUGA:Sepanjang Jalan Tol Cisumdawu Dahlan Iskan Menikmati Alunan Mistis Tarawangsa

Dosen yang terlibat dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat itu, R Neneng Rina Andriani SE MM Ak CA, Rani Rahman SE M Ak, Dr Kurniawan SE MSi Ak CA, dan Irman Firmansyah SE MSi Ak CA.

Ketua Tim Pengabdian Pada Masyarakat, R Neneng Rina Andriani SE MM Ak CA mengutarakan, pengabdian pada masyarakat kali ini dilaksanakan kepada mitra BUMDes Guha Bau, Desa Kertayasa, Cijulang, Pangandaran. 

"Tentunya setiap BUMdes ini memang harus memahami tata kelola akuntansi agar lebih tertib dalam menata keuangan," katanya.

Tambah dia, kegiatan pengabdian kali ini merupakan kegiatan lanjutan dari tahun sebelumnya. 

BACA JUGA:7 Manfaat Telur Rebus yang Wajib Diketahui

"Ini tahun kedua setelah tahun sebelumnya juga melaksanakan kegiatan pengabdian tersebut," tambah Neneng.

Neneng menyebutkan, tema atau materi tersebut diberikan kepada BUMdes guna meningkatkan pemahaman tata kelola dan penyusunan keuangan kepada mitra. 

"Penyusunan laporan keuangan BUMdes ini harus sesuai dengan standar akuntansi di Indonesia. Mitra diberi aplikasi sederhana dengan Microsoft Excel," tambahnya.

Neneng berharap dengan kegiatan ini bisa meningkatkan pengetahuan BUMdes terhadap laporan keuangan yang baik dan benar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: