Olahraga Lari: Keunggulan dan Rekomendasi Peralatan Olahraga Lari Beli di Blibli

Olahraga Lari: Keunggulan dan Rekomendasi Peralatan Olahraga Lari Beli di Blibli

Keunggulan dan rekomendasi peralatan olahraga lari bisa beli di Blibli.-Istimewa-

5. Meningkatkan Kognisi

Penelitian di University of British Columbia pada tahun 2014 menunjukkan bahwa olahraga lari secara teratur dapat meningkatkan ukuran hippocampus, area otak yang terkait dengan memori dan kognisi verbal. 

Dengan berlari, Anda dapat meningkatkan daya ingat Anda dan membantu mencegah masalah seperti Alzheimer. 

Lari telah terbukti merangsang neurogenesis, yaitu pertumbuhan sel-sel otak baru. Dengan memiliki lebih banyak sel otak baru, otak memiliki kemampuan yang lebih baik untuk membentuk dan mempertahankan ingatan, meningkatkan kemampuan belajar dan meningkatkan fungsi kognitif secara keseluruhan.

6. Memperkuat Otot dan Tulang

Lari melibatkan banyak otot dalam tubuh, terutama otot-otot kaki, pinggul, dan inti. Dengan menjalankan latihan lari secara teratur, Anda dapat memperkuat otot-otot ini. 

Otot yang kuat tidak hanya memberikan kekuatan fisik, tetapi juga membantu menjaga postur tubuh yang baik, meningkatkan stabilitas, dan mengurangi resiko cedera.

BACA JUGA: Warga Pesantren Amanah Muhammadiyah Kota Tasikmalaya Sembelih Hewan Sedekah Kurban

Selain itu, lari juga merupakan latihan beban pada tulang, yang dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

7. Menyehatkan Jantung

Last but not least, selama berlari, detak jantung Anda biasanya akan meningkat, menandakan bahwa jantung Anda sedang dilatih dan diperkuat. Lari juga membantu memperkuat dan melenturkan pembuluh darah Anda. 

Selama lari, pembuluh darah mengalami pelebaran atau dilatasi untuk mengakomodasi aliran darah yang lebih besar yang dibutuhkan oleh tubuh.

Latihan reguler seperti lari membantu memelihara elastisitas pembuluh darah, mengurangi risiko pengerasan arteri (aterosklerosis), dan membantu menjaga tekanan darah yang sehat. Ini mengurangi beban kerja pada jantung dan mencegah penyakit jantung seperti hipertensi dan penyakit arteri koroner.

Nah, itu dia tadi beberapa manfaat dari melakukan olahraga lari. Penting untuk diingat, manfaat tersebut akan terasa apabila Anda melakukan olahraga secara rutin dan pastinya diseimbangkan dengan pola hidup yang sehat.

Jadi, mau tak mau pun Anda harus sering mengatur pola makan, jam istirahat, gaya hidup, dan lainnya agar olahraga Anda semakin maksimal manfaatnya. Pastikan juga, ketika melakukan olahraga satu ini, Anda melakukannya di track yang aman, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: