Kabupaten Subang Utara Jadi Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru, Inilah Daftar 9 CDPOB di Jawa Barat

Kabupaten Subang Utara Jadi Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru, Inilah Daftar 9 CDPOB di Jawa Barat

Potret calon Ibu Kota Kabupaten Subang Utara setelah menjadi calon daerah persiapan otonomi baru di Jawa Barat.-Yogi Miftahul/Pasundan Ekspres-

BACA JUGA: Siap Tempur, Mantan Bek Persija Resmi Gabung Persib, Berharap Banyak Musim Ini Lebih Baik

Hal itu harus dilakukan karena Provinsi Jabar memiliki jumlah penduduk hampir 50 juta jiwa akan tetapi hanya ada 27 kabupaten kota.

”Jawa Barat dengan penduduk hampir 50 juta jiwa tapi jumlah kabupaten kota hanya 27. Sedangkan Jawa Tengah ada 35 kabupaten kota dan Jawa Timur mempunyai 38 kabupaten kota,” katanya.

”Sehingga kami dari DPRD (Jabar) mendesak pemerintah pusat untuk mencabut moratorium dan memberikan kesempatan kepada 9 kabupaten kota daerah otonomi baru di Jabar untuk dibahas di Komisi II DPR RI dan Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri,” tambah dia.

Sementara itu Anggota DPR RI Ono Surono akan mendorong pemerintah pusat mencabut moratorium sehingga pemekaran daerah otonomi baru di Jabar bisa berjalan dengan lancar.

BACA JUGA: Bakal Gantikan Peran Paolo Maldini di AC Milan, Ini Jawaban Ibrahimovic

”Tadi sudah disampaikan oleh Pak Gubernur bagaimana mendorong pemerintah pusat mencabut moratorium dan tentunya kita semua sepakat. Saya yakin semua fraksi di DPR sepakat karena memang harus ada keadilan pemekaran dan fiskal,” ucap Ono.

Namun, Ono menjelaskan pengusulan CDPOB tidak hanya dilakukan oleh Provinsi Jabar. Hingga saat ini ada sekitar 200 CDPOB yang telah diusulkan ke pemerintah pusat.

Menurut Ono, Pemda dan DPRD Provinsi Jabar harus mempersiapkan infrastruktur dasar untuk mendukung pemenuhan klasifikasi menjadi daerah otonomi baru.

Apabila pemerintah pusat mencabut moratorium dengan CDPOB yang sudah diusulkan dari seluruh Indonesia mungkin jumlahnya 200 lebih.

BACA JUGA: Gudang Makanan dan Minuman Ringan di Jalan Djuanda Tasikmalaya Digerebek Tim Gabungan, 9432 Botol Miras Disita

”Tentunya pemerintah pusat membentuk tim yang akan mengklasifikasikan skala prioritas kabupaten kota mana yang lebih diutamakan sehingga tentunya infrastruktur dasar itu harus disiapkan,” pungkasnya.

Berikut Daftar 9 CDPOB di Jawa Barat:

- Kabupaten Tasikmalaya Selatan (Tasela)

- Kabupaten Cianjur Selatan (Cisela)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: