Kabupaten Subang Utara Jadi Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru, Inilah Daftar 9 CDPOB di Jawa Barat

Kabupaten Subang Utara Jadi Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru, Inilah Daftar 9 CDPOB di Jawa Barat

Potret calon Ibu Kota Kabupaten Subang Utara setelah menjadi calon daerah persiapan otonomi baru di Jawa Barat.-Yogi Miftahul/Pasundan Ekspres-

Subang Utara Jadi Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru, Inilah Daftar 9 CDPOB di Jawa Barat

BANDUNG, RADARTASIK.COM – Pemerintah Daerah dan DPRD Provinsi Jawa Barat menyetujui Kabupaten Subang Utara jadi calon daerah persiapan otonomi baru (CDPOB).

Persetujuan itu disampaikan dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Provinsi Jabar Kota Bandung, Selasa 27 Juni 2023.

Selanjutnya, Kabupaten Subang Utara sebagai CDPOB segera diusulkan ke pemerintah pusat.

BACA JUGA: Jurnalis Italia: Marcus Thuram Memilih Inter Milan Karena Paolo Maldini

”Alhamdulillah, satu daerah CDPOB yaitu Kabupaten Subang Utara sudah kami setujui (dalam Rapat Paripurna) dihadiri oleh tokoh-tokoh dari forum koordinasi pemekaran pantura Subang,” kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil seperti dilansir laman Portal Jabargoid, Rabu 28 Juni 2023.

Ridwan Kamil mengungkapkan CDPOB Kabupaten Subang Utara terwujud berkat kerja kolektif seluruh stakeholders termasuk menindaklanjuti aspirasi masyarakat terkait pemekaran daerah otonom baru di kawasan utara Jabar.


Gubernur Jawa Barat RIdwan Kamil dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Jabar, Kota Bandung, Selasa 27 Juni 2023.-Humas Jabar-

”Ini adalah aspirasi yang diwujudkan oleh kerja semua pihak, mulai level desa, forum komunikasi Kabupaten Subang, Pemda Provinsi Jabar, juga anggota DPR RI, yang tentunya memperjuangkan sebuah keadilan kewilayahan,” tuturnya.

Kang Emil —sapaan akrab Ridwan Kamil— hingga tahun ini Pemdaprov Jabar telah mengusulkan 9 CDPOB ke pemerintah pusat.

BACA JUGA: Arrigo Sacchi: AC Milan Mengambil Resiko Memecat Maldini, Tapi Strategi Cardinale Juga Benar

Yaitu, Tasikmalaya Selatan, Cianjur Selatan, Garut Utara, Sukabumi Utara, Garut Selatan, Bogor Barat, Bogor Timur, Indramayu Barat dan Subang Utara.

”Total sudah 9 daerah persiapan otonomi baru ini. Jadi mudah-mudahan di pemerintah pusat apakah masih di era Presiden Jokowi ataupun nanti di era pemerintahan yang baru keadilan pemekaran wilayah yang sekarang masih dalam moratorium bisa dicabut dan kita bisa merasakan kesejahteraan (masyarakat) Jawa Barat yang meningkat,” ungkap dia.

”Sekarang saja dengan keterbatasan kita sudah sangat luar biasa, apalagi (setelah) ada pemekaran yang proporsional,” imbuhnya.

Wakil Ketua DPRD Achmad Ruhiyat menyebut akan memperjuangkan proses pemekaran daerah otonomi baru hingga ke level pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: