Airlangga Hartarto Pastikan Tol Cisumdawu Sebagai Konektivitas Antarwilayah

Airlangga Hartarto Pastikan Tol Cisumdawu Sebagai Konektivitas Antarwilayah

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau progres pembangunan Tol Cisumdawu, Jumat 23 Juni 2023.-Kemenko Perekonomian-

Airlangga Hartarto Pastikan Tol Cisumdawu Sebagai Konektivitas Antarwilayah

SUMEDANG, RADARTASIK.COM – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau progres pembangunan Tol Cisumdawu (CileunyiSUMEDANGDawuan) pada Jumat 23 Juni 2023.

Tujuannya, ia ingin memastikan konektivitas antarwilayah melalui pemerataan pembangunan infrastruktur terus menjadi wujud komitmen pemerintah guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi di berbagai daerah.

Pembangunan sarana dan prasarana penunjang juga diharapkan mampu memperlancar distribusi logistik antar daerah serta menciptakan multiplier effect yang secara nyata dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

BACA JUGA: Deal, Milan Jual Tonali ke Newcastle dengan Mahar 70 Juta Euro dan Dikontrak 6 Tahun

Tol Cisumdawu akan menjadi penghubung menuju Bandara Kertajati yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang telah selesai dibangun.

”PSN salah satunya selain jalan tol juga ada 7 bendungan. Kemudian juga beberapa proyek lain termasuk pengembangan kawasan-kawasan. Pelabuhan patimban juga terus didorong karena Jawa Barat ini, daerah Rebana ini, merupakan daerah industri otomotif dan sekaligus pertanian,” ungkap dia.

Dalam kunjungan kerja itu, Menko Airlangga didampingi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Dia secara langsung melihat perkembangan pembangunan Jalan Tol Cisumdawu.

Tol Cisumdawu rencananya terbentang sepanjang 61,75 km serta akan menghubungkan Cileunyi menuju Dawuan, yang akan menjadi akses utama menuju Bandara Kertajati di Majalengka.

BACA JUGA: Diresmikan Ketua Umum PSSI, Ini Tujuan Didirikannya Yayasan Bakti Sepak Bola Indonesia, Peduli Pemain Timnas

Selain mempercepat waktu tempuh menuju Bandara Kertajati menjadi hanya sekitar 1 jam, jalan tol yang telah selesai sebagian ini akan menjadi salah satu jalan tol dengan pemandangan yang indah dengan menyuguhkan panorama Gunung Tampomas dan Gunung Manglayang serta memiliki keunikan lain yaitu sebagai jalan tol pertama yang memiliki Twin Tunnel.

Jalan Tol Cisumdawu juga telah menerapkan salah satu inovasi teknologi khusus dan canggih yakni menggunakan Geofoam EPS dalam pembangunannya. 

Geofoam EPS memiliki bobot yang ringan sehingga mengurangi risiko longsor apabila digunakan untuk menangani lapisan tanah yang labil dan berair pada Seksi 5A dibandingkan dengan penggunaan timbunan atau urukan tanah biasa.

Tak hanya Jalan Tol Cisumdawu, kesiapan pembangunan sarana dan prasarana penunjang seperti rest area juga turut ditinjau Menko Airlangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: