Mulai Sekarang Beli Token dan Bayar PBB di Tasik Bisa Pakai Sampah, Cukup Datang ke Bank Sampah

Mulai Sekarang Beli Token dan Bayar PBB di Tasik Bisa Pakai Sampah, Cukup Datang ke Bank Sampah

Warga sedang berbincang dengan tim penilaian lomba bak sampah tingkat Kota Tasikmalaya yang dilaksanakn oleh Dinas Lingkungan Hidup.-Foto:tina/radartasik.disway.id-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Masyarakat Kota TASIK terutama yang tinggal di RT 003 RW 011 Kelurahan Panyingkiran Kecamatan Indihiang Kota Tasikmlaya, tidak perlu pusing lagi untuk beli token dn bayar Pajak Bumi Bngunan.

Pasalnya Bank Sampah Mandiri yang ada di lingkungn tersebut memperbolehkan masyarakatnya beli token pakai Sampah. Bahkan tidak hanya beli toke saja, tapi juga sedang dirintis bayar PBB dengan mengumpulkan Sampah.

Salah satu cara untuk mengantisipasi munculnya tempat pembuangan sampah sementara (TPS) liar yaitu dengan cara mendirikan bank sampah.

BACA JUGA:3 Tips Perawatan Sepeda Motor Honda dengan Velg Jari-Jari, Bikin Lebih Kuat dan Awet

Salah satu contohnya adalah Bank Sampah Mandiri yang berada di RT 003 RW 011 Kelurahan Panyingkiran Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya, yang sudah mendirikan bank sampah sejak tahun 2021 lalu. 

Direktur Bank Sampah Mandiri, Yaya Sunarya S.Sos menjelaskan sejak berdiri bank sampah di wilayahnya tidak ada lagi masyarakat sekitar yang membuang sampah di tumpukan di pinggir jalan.

“Wilayah kami ini kan wilayah yang dilewati sungai, dulu buang sampah banyak ke sungai juga ata TPS liar, tapi setelah ada bank sampah yang berdiri pada September 2021, tidak ada lagi TPS liar juga yang buat sampah ke sungai,” ungkapnya.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Resmi Persib Perpanjang Kontrak Frets Butuan Musim Depan, Ini Respons Bobotoh

Bank Sampah Mandiri saat ini mengelola sampah organi sebanyak 2 ton per bulan sedangkan untuk sampah non organik sebanyak 1,5 ton hingga 1,7 ton per bulan.

Sampah-sampah tersebut merupakan sampah yang dikumpulkan dan dipilah oleh masyarakat sekitar. Juga berasal dari nasabah bank sampah yang ada di beberapa wilayah di Kota Tasikmalaya.

“Kalau nasabah memamng tidak hanya warga sekitar tapi juga ada dari luar ke-RWan. Dari masyarakat sekitar juga sudah banyak. Di kami kurang lebih ada 250 nasabah. Inovasi yang kami punya adalah bisa beli token pakai sampah bahkan sedang dirintis untuk bisa bayar PBB juga pakai sampah. Caranya dengan menabung samph ke bank sampah kami,” jelasnya.

BACA JUGA:PENTING! Waktu Perjalanan KA Semakin Singkat, Jadwal Keberangkatan Berubah Mulai 1 Juni 2023

Bank Sampah Mandiri merupakan salah satu bank sampah yang mengikuti penilaian Lomba Bank Sampah tingkat Kota Tasikmalaya tahun 2023, yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup.

Kamis 4 Mei 2023, ada 6 titik bank sampah yang dilakukan penilaian oleh tim juri yaitu Bank Sampah Mandiri, Bank Sampah Harapan Kita, Bank Sampah Asri Mandiri, Bank Sampah Rahayu Sukma Jaya, Bank Sampah Cikal dan Bank Sampah Setiamulya Bersih.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: