Warga Kota Banjar Laksanakan Salat Gerhana Matahari, Guru dan Siswa SMAN 3 Banjar Khusyuk

Warga Kota Banjar Laksanakan Salat Gerhana Matahari, Guru dan Siswa SMAN 3 Banjar Khusyuk

Guru dan pengurus Osis SMAN 3 Banjar saat melaksanakan sholat gerhana matahari, Kamis 20 April 2023.-Istimewa-radartasik.disway.id

BANJAR, RADARTASIK.COM – Suara takbir berkumandang. Saling bersahutan di beberapa pengeras suara penjuru masjid sejak Kamis 20 April 2023 pagi. 

Ribuan bahkan jutaan umat muslim di seluruh dunia melaksanakan salat gerhana matahari, termasuk di Kota Banjar. 

Seperti yang dilakukan guru dan siswa SMAN 3 Banjar, mereka melaksanakannya dengan khusyuk di masjid sekolahnya. 

"Kita bersama anak-anak pengurus Osis SMAN 3 Banjar tadi sudah melaksanakan salat gerhana matahari," ucap Kepala SMAN 3 Banjar Dr Endang Mulyadi.

BACA JUGA:Gerhana Matahari Hybrid, Kalau di Tasikmalaya Hanya Tampak Sebagian Saja, Mengapa? 

Menurutnya, pelaksanaan shalat oleh guru dan siswa SMAN 3 Banjar sebagai bentuk rasa syukur dan takjub atas kebesaran Allah SWT. 

Selain melaksanakan salat gerhana, dilanjutkan dengan melakukan pengamatan gerhana matahari menggunakan kacamata khusus. 

"Kita dikasih dari fakultas IPA ITB khususnya untuk jurusan astronomi, sebelumnya sudah melakukan pelatihan," jelasnya. 

Terpisah, Kepala SMA Al Kautsar Banjar Sudar menambahkan, telah melaksanakan salat gerhana matahari di Masjid Daru Ikhlas sekitar tempat tinggalnya. 

BACA JUGA:Hari Ini Gerhana Matahari, Awas Jangan Lihat Langsung Retina Mata Bisa Alami Ini

"Alhamdulillah tadi jemaah bapak-bapaknya (laki-laki) ada empat shaf dan ibu-ibunya (perempuan) tiga shaf," kata Kepala SMA Al Kautsar Banjar. 

Lanjut dia, usai melaksanakan salat gerhana matahari dilanjutkan dengan ceramah kepada para jemaah agar senantiasa mengingat Allah SWT. 

"Terlebih tadi bersama-sama telah menyaksikan fenomena gerhana matahari yang merupakan kehendak-Nya terjadi," tutur Kepala SMA Al Kautsar. 

Fenomena gerhana matahari di bulan Ramadan ini harus dimaknai sebagai bentuk rasa syukur atas ciptaan-Nya, apa yang di bumi dan di langit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: