Ini yang Dilakukan Santri Baiturrahman sebelum Datang Gerhana Matahari Hibrid

Ini yang Dilakukan Santri Baiturrahman sebelum Datang Gerhana Matahari Hibrid

Santri SD Baiturrahman usai melaksanakan simulasi Salat Gerhana Matahari dan Salat Idul Fitri.-Foto: istimewa -

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Kamis 20 April 2023 akan terjadi Gerhana Matahari Hibrid yang dapat dilihat di beberapa lokasi di Indonesia. Pada saat terjadi Gerhana, umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan salat Gerhana.

Sebelum datang Gerhana Matahari Hibrid, ini yang dilakukan Santri Baiturrahman Kota Tasikmalaya. Mereka melaksanakan simulasi salat Gerhna juga simulasi salat Idul Fitri yang dilaksanakan di halaman sekolah pada Jumat 14 April 2023.

Kepala SD Baiturrahman Apep Solehudin, SPd.I menuturkan simulasi ini dilakukan agar para santri siap melaksanakan dua momentum yang akan datang dalam waktu dekat ini.

BACA JUGA:RS Islam Hj. Siti Muniroh Berbagi Sembako dengan Warga Sekitar yang Membutuhkan

Momen pertama adalah Gerhana Matahari Hibrid, sehingga seluruh santri pada saat terjadi Gerhana dianjurkan untuk melaksanakan salat Gerhana di masij-masjid terdekat di lingkungan rumah mereka.

“Salat Gerhana sebagai bentuk ketaatan kepada Allah Swt, atas kuasa-Nya Gerhana Matahari terjadi. Allah lah yang mengatur peredaran benda-benda langit sedemikian teratur,” ungkapnya.

Momentum yang kedua adalah Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah. Seluruh santri hendaklah ikut mengumandangkan takbir sejak ba’da subuh sampai menjelang pelaksanaan salat Idul Fitri.

BACA JUGA:Ternak Ayam Bangkok Ludes, Rumah Hangus Terbakar di Tanjungjaya Tasikmalaya

“Hal ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah Swt, atas segala limpahan karunianya terutama selama pelaksanaan ibadah saum dan ibadah lainnya pada bulan Ramadan,” tambahnya lagi.

Selain melakukan simulasi dua salat sunat tersebut, santri Baiturrahman juga melaksanakan tadarus Alquran, merajah hafalan juz 30. 

Koordinator Ulumuddin SD Baiturrahman, Latif Anwari, ST menambahkan bahwa ini adalah saat yang tepat bagi para asatidz untuk menyampaikan hal ini kepada para santri yang sedang bersemangat melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadan.

BACA JUGA:Satuan Sabhara Polres Tasikmalaya Santuni Lansia saat Patroli

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali momentum yang tidak boleh dilewatkan yang akan terjadi di periode ini yaitu momentum Gerhana Matahari dn Idul Fitri. Kami berharap semoga kegiatan ini semakin memahamkan santri akan kafilah slat sunah Gerhana Matahari dan Idul Fitri,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: