Implementasi Pelajaran Bagi Siswa SMAN 3 Banjar saat Pengamatan Gerhana Matahari

Implementasi Pelajaran Bagi Siswa SMAN 3 Banjar saat Pengamatan Gerhana Matahari

Siswi SMAN 3 Banjar saat melakukan pengamatan gerhana matahari menggunakan kacamata khusus, Kamis 20 April 2023.-Anto Sugiarto-radartasik.disway.id

BANJAR, RADARTASIK.COMSiswa SMAN 3 Banjar melakukan pengamatan gerhana matahari menggunakan kacamata khusus agar bisa menyaksikan dengan jelas. 

Ternyata pengamatan gerhana matahari secara langsung itu, bagian dari implementasi pelajaran bagi siswa pada mata pelajaran geografi di sekolah. 

"Kalau selama di kelas hanya teori-teori,  nah sekarang mereka bisa membuktikan sendiri, ternyata benar teori yang sampaikan," ucap Kepala SMAN 3 Banjar Dr Endang Mulyadi, Kamis 20 Apri 2023. 

Dia menjelaskan, proses gerhana itu ketika matahari, bulan dan bumi sejajar. Maka proses ini terjadi salah satu fenomena gerhana matahari

BACA JUGA:PC Muhammadiyah Rajapolah Pastikan Salat Ied di Masjid Arrahman, DKMB Malikul Falaah: Masalah Ini Sudah Beres

Karena ada dua hal kemungkinan terjadi, yakni bisa gerhana bulan atau gerhana matahari. 

"Nah sekarang terjadi gerhana matahari, namun tidak bisa disaksikan dengan mata telanjang. Melainkan harus menggunakan alat bantu," jelasnya. 

Untuk menyaksikan fenomena gerhana matahari, pihaknya telah bekerjasama dengan ITB khususnya prodi astronomi. Kemudian di sekolahnya menjadi implementasi pelajaran bagi siswa.

Mulai dari penggunaan teropong pada tahun kemarin dan pemberian kacamata khusus menyaksikan gerhana matahari. 

BACA JUGA:UPDATE, Arus Mudik Lebaran di Perbatasan Jabar-Jateng Malam Ini Lancar

"Di Kota Banjar hanya satu-satunya sekolah kami yang bekerjasama dengan ITB," tegasnya.

Lanjut dia, rencananya ke depan juga akan dilakukan kerja sama dengan Prodi Kimia ITB, agar anak-anak bisa semakin mengetahui perkembangan teknologi kimia saat ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: