Pastikan Penyaluran Listrik Aman dan Andal, PLN Lakukan Penambahan Tower Sisipan

Pastikan Penyaluran Listrik Aman dan Andal, PLN Lakukan Penambahan Tower Sisipan

PT PLN sukses menambah tower sisipan pada ruas SUTT 150 kV Kamojang – Darajat dan merelokasi tower pada ruas penghantar SUTT 150 kV Darajat – Garut.--PT PLN--

GARUT, RADARTASIK.COM – Untuk memastikan penyaluran listrik aman dan andal, selama bulan Ramadan PLN gencar melakukan penambahan tower sisipan.

Menyediakan pasokan listrik aman dan andal menjadi komitmen PLN bagi pelanggan dan masyarakat.

Di sisi transmisi, PLN berupaya memastikan pasokan listrik dapat tersalurkan dengan aman pada saluran udara tegangan tinggi dan ekstra tinggi serta mengutamakan keselamatan masyarakat sekitar melalui berbagai program. 

Salah satu programnya yakni penambahan tower sisipan pada ruas SUTT 150 kV Kamojang – Darajat dan relokasi tower pada ruas penghantar SUTT 150 kV Darajat – Garut.

BACA JUGA: Bobotoh Mencium ’Pengkhianatan’ di Skuad Persib, Desak Manajemen Pertahankan Luis Milla daripada Pemain Malas

BACA JUGA: Catat! Mobil Besar Dilarang Melintas Jalan Ciamis Saat Mudik Lebaran 2023

Keberhasilan program tersebut ditandai dengan proses pemberian tegangan pertama pada Sabtu 8 April 2023 lalu.

General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah Tejo Wihardiyono mengatakan penambahan tower sisipan nomor T.13 A dan T.21 A serta relokasi tower nomor T.14 tersebut dilakukan guna memperbaiki jarak aman antara konduktor dengan permukaan tanah atau dalam istilah kelistrikan disebut dengan ground clearance.


PT PLN sukses menambah tower sisipan pada ruas SUTT 150 kV Kamojang – Darajat dan merelokasi tower pada ruas penghantar SUTT 150 kV Darajat – Garut.--PT PLN--

”Jarak aman antara konduktor dengan permukaan tanah ini menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan guna memastikan dan melindungi keselamatan berbagai objek yang berada di permukaan tanah. Utamanya keselamatan manusia, makhluk hidup dan benda-benda lainnya,” terang dia.

Sebelumnya, ground clearance pada ruas SUTT 150 kV Kamojang – Darajat dan SUTT 150 kV Darajat – Garut mengalami penurunan sebagai akibat dari kondisi kontur tanah dan topografi yang ekstrim.

BACA JUGA: Bobotoh Mulai Tandai Pemain Persib yang Malas, Efek Persib Kalah Telak dari Persita

BACA JUGA: Kenapa Persib Tampil Buruk? Ini Dugaan-Dugaan Penyebabnya Menurut Pengamat

Kondisi geografis sekitar berupa perkebunan juga menjadi faktor pendukung bagi tim PLN untuk segera memprioritaskan penanganan ground clearance tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: