Sore Ini Kemenag Pantau Hilal di Pantai Sindangkerta Tasikmalaya, Penentuan Awal Bulan Ramadan 1444 H

Sore Ini Kemenag Pantau Hilal di Pantai Sindangkerta Tasikmalaya, Penentuan Awal Bulan Ramadan 1444 H

Ilustrasi jadwal sidang isbat tertutup dan 123 lokasi pengamatan hilal di seluruh Indonesia.-Istimewa-

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Sore ini Kemenag pantau hilal di Pantai Sindangkerta Tasikmalaya, Rabu 22 Maret 2023. Puluhan orang dari berbagai perwakilan pemerintah daerah, Ormas Islam, Baznas, turut hadir dalam pelaksanaan pemantauan itu.

Sebelum berangkat ke Pantai Sindangkerta Tasikmalaya, rombongan menggelar apel serta doa bersama di Kantor Kementerian agama (Kemenag) Kabupaten Tasikmalaya

"Hari ini akan pantau hilal di Pantai Sindangkerta Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya, ada banyak pihak yang dilibatkan. Asar ini kita melakukan pemantauan," kata  Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya Dudu Rohman, Rabu 22 Maret 2023.

Dalam pemantauan hilal, ada dua buah teleskop canggih disediakan untuk melihat posisi hilal. Diharapkan cuaca cerah sehingga hilal bisa terlihat dengan jelas.

 BACA JUGA:Catatan Gol, Assist dan Harga Transfer David da Silva Musim Ini, Selangkah Lagi Pecahkan Rekor Sutiono Lamso

BACA JUGA:Segera Dibagikan! Bansos Ramadan Beras 10 Kilo Beras, Telur, dan Ayam untuk 21,6 Juta Pemilik e-KTP, KPM PKH,

Hasil pengamatan hilal dilaporkan langsung kepada Kementerian agama sebagai bahan pertimbangan penentuan satu syawal 1444 hijriah. 

"Kami berharap cuaca akan mendukung pelaksanaan pemantauan hilal. Tim sudah bergerak ke lokasi dan hasilnya akan dilaporkan kepada Kanwil Jawa Barat," kata Dudu.

Selain menggunakan metode ruyatul hilal, penentuan pergantian bulan hijriah menggunakan metode falakiah dan hisab. 

Untuk penentuan awal bulan Ramadan 1444 H oleh pemerintah akan ditetapkan berdasarkan hasil sidang isbat penentuan awal Ramadan 2023. Sementara prediksi, satu Ramadan jatuh pada Kamis tanggal 23 Maret 2023. "Tetapi untuk penentuannya setelah adanya sidang isbat nanti," kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: