F3P dan BPBD Kota Banjar Kolaborasi Edukasi Sekolah Aman Bencana

F3P dan BPBD Kota Banjar Kolaborasi Edukasi Sekolah Aman Bencana

Siswa SDN 5 Banjar saat diberi edukasi kewaspadaan bencana alam gempa bumi lewat program sekolah aman bencana, Senin 13 Maret 2023. -Istimewa-radartasik.disway.id

BANJAR, RADARTASIK.COM – Dalam meningkatkan kewaspadaan bencana alam, Forum Pemuda Peduli Pendidikan (FP3) dan BPBD Kota Banjar kolaborasi edukasi sekolah aman bencana.

Seperti yang dilakukan terhadap puluhan anak-anak SDN 5 Banjar, mereka diedukasi kewaspadaan agar para siswa memahami aman dari kebencanaan

"Sekolah aman bencana (SAB) saat ini menjadi satu kewajiban, kita fasilitasi," ungkap Ketua FP3 Kota Banjar Dicky Agustaf, Senin 13 Maret 2023. 

Menurutnya, hal itu berdasarkan Permendikbud Nomor 33 Tahun 2019 tentang SAB. Dimana salah satunya mengantisipasi ketika gempa bumi yang bisa terjadi kapan dan dimana saja.

BACA JUGA:Masih Soal Hasil Survei STISIP, Aksioma Datangi DPRD Kota Banjar, Ketua DPRD: Harus Kesepakatan Semua Komisi

BACA JUGA:Brak...! Truk Box Seruduk Warung Mie Ayam dan Tukang Cukur di Jalan Mohat Tasik 

“Sehingga perlu diantisipasi sejak dini terhadap generasi penerus, khususnya peserta didik di sekolah. Hal ini kami lakukan atas dasar penyelamatan anak bangsa, karena mereka perlu diselamatkan dari bencana," tegasnya.

SAB, sambung dia, sudah seharusnya diterapkan di sekolah-sekolah sebagai upaya antisipasi sejak dini. 

Kalak BPBD Kota Banjar Kusnadi menambahkan, edukasi kebencanaan alam bagi sekolah melalui SAB sangat penting. 

"Ini salah satu bentuk pencegahan kebencanaan, agar masyarakat khususnya warga sekolah bisa aman dan selamat dari bencana," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: