Ini 4 Penyebab Indonesia Sering Gempa Bumi, Salah Satunya Reaksi Berantai Gunung Berapi, Cek di Sini

Ini 4 Penyebab Indonesia Sering Gempa Bumi, Salah Satunya Reaksi Berantai Gunung Berapi, Cek di Sini

Kondisi kerusakan akibat gempa Cianjur. Saat ini kawasan Jawa Barat kerap diguncang gempa bumi. Foto: disway--

Titik koordinat gempa 7,27 Lintang Selatan dan 106,88 Bujur timur. Sedangkan sumber gempa berada di 39 kilometer arah barat daya dari Kota Sukabumi.

BACA JUGA: Mantap, UMK di Jabar 2023 Naik, Cek 10 UMK Tertinggi di Jabar

BMKG juga mengatakan, gempa Sukabumi tidak berpotensi tsunami. Meski demikian, warga diimbau waspada dengan kemungkinan terjadinya gempa susulan.

Gempa Bumi di Daerah Tidak Saling Berkaitan

Gayatri Indah Marliyani, Pakar gempa dan Dosen Teknik Geologi UGM berpendapat bahwa rentetan gempa yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia tidak saling berkaitan.

BACA JUGA: Hore, UMK di Jateng 2023 Naik, Ini Daftar Lengkap UMK 35 Daerah di Jawa Tengah

Gayatri Indah Marliyani juga berpendapat bahwa gempa di Cianjur pada 21 November 2022 tidak memicu gempa yang terjadi di wilayah lain di Indonesia.


Tangkapan satelit BRIN menunjukkan lokasi longsor di Cugenang, Cianjur sebelum dan sesudah longsor. Longsor tersebut terjadi setelah Cianjur diguncang gempa bumi. Foto: ist/radarcirebon.com--

Menurut Gayatri Indah Marliyani, kejadian gempa yang terkait dengan kejadian gempa Cianjur hanya rentetan gempa susulan yang terkonsentrasi di sekitar daerah episenter dengan frekuensi dan magnitudo yang semakin mengecil.

Lalu apa pemicu gempa Sukabumi ini? 

“Gempa ini dipicu dengan adanya deformasi batuan dalam lempeng (intraslab) pada lempeng indo-australia atau populer disebut sebagai gempa di zona benioff," tutur Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, lewat akun media sosial.

Berikut ada 4 penyebab Indonesia sering gempa bumi:

1. Letak Geografis

Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudera. Hal ini membuat Indonesia menjadi tempat yang strategis untuk perdagangan dan menjalin hubungan antar negara. 

Namun, di balik hal positif tersebut, terdapat juga hal negatif yang membuat Indonesia sering dilanda gempa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id