Mendorong Pemulihan Ekonomi Tasikmalaya Pasca Pandemi, Optimalkan Sektor UMKM, Perikanan dan Pertanian

Mendorong Pemulihan Ekonomi Tasikmalaya Pasca Pandemi, Optimalkan Sektor UMKM, Perikanan dan Pertanian

H Dedi Kurniawan (sebelah kiri), anggota Fraksi Gerindra-PKS DPRD Kabupaten Tasikmalaya bersama anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya lainnya dalam sebuah rapat DPRD Kabupaten Tasikmalaya. Foto: ujang nandar/radartasik.com--

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Mendorong pemulihan ekonomi Tasikmalaya pasca pandemi dan optimalkan sektor UMKM, perikanan dan pertanian sebagai salah satu fokus dari Fraksi Gerindra-PKS DPRD Kabupaten Tasikmalaya

Salah satu upaya yang dilaksanakan oleh Fraksi Gerindra-PKS DPRD Kabupaten Tasikmalaya untuk mewujudkan fokus tersebut yaitu mendorong pengoptimalan Perda Perlindungan Pemberdayaan Nelayan dan Pembudidayaan Perikanan yang telah disahkan.

"Perda itu (Perda Perlindungan Pemberdayaan Nelayan dan Pembudidayaan Perikanan, Red) sudah disahkan kemarin, saat ini kami dorong agar dioptimalkan," kata anggota Fraksi Gerindra-PKS DPRD Kabupaten Tasikmalaya, H Dedi Kurniawan kepada radartasik.com, Selasa, 6 Desember 2022.


H Dedi Kurniawan, anggota Fraksi Gerindra-PKS DPRD Kabupaten Tasikmalaya.--

H Dedi Kurniawan menilai saat ini perlu adanya percepatan ekonomi di sektor UKM, pertanian dan perikanan. 

Untuk itu, kata H Dedi Kurniawan, pihaknya terus mendorong adanya regulasi-regulasi yang berpihak kepada percepatan ekonomi. 

"Makanya kami mendorong terus perda Perda Perlindungan Pemberdayaan Nelayan dan Pembudidayaan Perikanan yang pengoptimalan dalam budidaya ikan," kata H Dedi Kurniawan, legislator DPRD Kabupaten Tasikmalaya dari PKS ini.

H Dedi Kurniawan menjelaskan dalam Perda Perlindungan Pemberdayaan Nelayan dan Pembudidayaan Perikanan itu pihaknya mengusulkan lebih banyak pembelaan kepada nelayan, terutama pada pembudidaya ikan. 

Apalagi di Kabupaten Tasikmalaya, kata H Dedi Kurniawan, memiliki banyak potensi budidaya ikan. 

"Produksi ikannya saja lebih dari 70 ribu ton setiap tahunnya. Itu yang sudah tercatat belum juga potensi perikanannya," kata H Dedi Kurniawan yang juga anggota Komisi II DPRD Kabupaten Tasikmalaya ini.

Maka dengan itu, Fraksi Gerindra-PKS DPRD Kabupaten Tasikmalaya meminta pemerintah daerah supaya memfasilitasi sarana agar bisa meningkatkan produksi dalam bidang perikanan

"Maka kami mengusulkan pengoptimalan pasar ikan dan juga pakan untuk sektor perikanan," kata dia menjabarkan.

Apalagi kata dia, saat ini perikanan di Tasikmalaya sudah terkenal, hanya belum menjadi ikon yang jelas dan tidak muncul. 

"Dalam hal ini juga harus pengoptimalan dari sektor koperasi, yakni dengan adanya dorongan dari pemerintah kebijakan koperasi ini ke sektor pokok yakni ikan," kata H Dedi Kurniawan berharap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: