80 Anak Korban Gempa Cianjur Ikut Rehabilitasi Trauma Healing dari Icikibung Tasikmalaya

80 Anak Korban Gempa Cianjur Ikut Rehabilitasi Trauma Healing dari Icikibung Tasikmalaya

Anak-anak korban gempa Cianjur mengikuti rehabilitasi trauma healing bermain bubuleudan bersama Icikibung Tasikmalaya, Selasa 29 November 2022.-Istimewa-radartasik.disway.id

CIANJUR, RADARTASIK.COM – Sedikitnya 80 anak korban gempa Cianjur mengikuti rehabilitasi trauma healing dari Icikibung Tasikmalaya, sebagai Komunitas Pencinta Kaulinan Tradisional kolaborasi dengan DPD KNPI Kabupaten Tasikmalaya, Tagana dan RPB Rajapolah.

Berlokasi di SDN Jambudipa 1 Desa Jambudipa Kecamatan Warung Kondang Kabupaten Cianjur, komunitas dibawah asuhan Abah Irwan ini membuat anak-anak korban gempa Cianjur ini riang.


80 anak korban gempa Cianjur mengikuti rehabilitasi trauma healing dari Icikibung Tasikmalaya dan Anggota TNI, Selasa 29 November 2022.-Istimewa-radartasik.disway.id

Kepada radartasik.com, Abah Irwan menyampaikan, pihaknya bersama tim turun tangan karena telah mendapat kabar bahwa banyak anak-anak  yang di antaranya masih memiliki trauma atas musibah yang menimpa mereka. 

Termasuk beberapa anak di antaranya ada yang masih takut masuk bangunan atau rumah.

BACA JUGA:Alhamdulillah, UMK Kabupaten Tasikmalaya Naik, Sepakat 7,44 persen Ditetapkan 7 Desember  

“Kami sebagai relawan memberikan trauma healing sebagai penyembuhan untuk mengatasi gangguan psikologis seperti kecemasan, panik, dan gangguan lainnya,” ungkap Abah Irwan melalui sambungan telepon. 

Menurutnya, Icikibung bersama tim terketuk untuk tergerak dan memberikan hiburan kepada anak-anak melalui kaulinan tradisional.

Dengan harapan, sambung dia, trauma pasca bencana gempa bisa terobati untuk warga khususnya anak-anak. 

“Alhamdulillah, setelah ikut healing, anak-anak tampak gembira, bisa kembali tersenyum lepas,” terangnya.

Konsep yang diterapkan dalam trauma healing, Icikibung bersama tim mengajak bermain dengan kaulinan tradisional yang penuh nilai filosofi.

BACA JUGA:Pasti Naik, Tiga Opsi Usulan UMK Kota Banjar 2023, Cek Disini 

Seperti bernyanyi, menari serta permainan paciwit-ciwit lutung, bangbang kalima gobang dan bubuleudan

“Saat permainan tradisional ini, kami melihat anak-anak dengan tertawa lepas dan riang. Alhamdulillah,” sebutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: