Tim Kedaireka Unsil Ciptakan Aplikasi CARIBI Mobile, Solusi Transaksi untuk Peternak Hewan Domba

Tim Kedaireka Unsil Ciptakan Aplikasi CARIBI Mobile, Solusi Transaksi untuk Peternak Hewan Domba

Tim Kedaireka Universitas Siliwangi Tasikmalaya yang menciptakan Aplikasi CARIBI Mobile untuk para peternak hewan domba saat melakukan release product di Hotel Amaris Tasikmalaya belum lama ini. -Foto:doktimkedairekaunsil-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Tim Kedaireka Universitas Siliwangi Tasikmalaya bekerjasama dengan CV. Multy Life Indonesia mencipatakan satu inovasi berupa aplikasi mobile yang diberi nama Aplikasi Caribi Mobile. Aplikasi ini dapat memberikan kemudahan kepada para Peternak Hewan Domba dalam melakukan bisnisnya. Baik transaksi jual beli maupun investasi bagi para investor yang dapat dilakukan secara online.

Kelebihan dan kecanggihan aplikasi ini adalah peternak bisa langsung memantau bobot hewan ternaknya karena aplikasi dilengkapi dengan timbangan yang terhubung secara otomatis dan real time. Tidak hanya itu saja para investor juga dapat memantau secara langsung melalui aplikasi tentang perkembangan domba yang diinvestasikan.

“Sama halnya dengan marketplace lainnya dalam Aplikasi CARIBI Mobile pembeli juga dapat melakukan penilaian terhadap peternak, serta peternak dapat memberikan penilaian terhadap investor ataupun sebaliknya,” tutur Ir. Rahmi Nur Shofa ST MT, Ketua Tim yang menciptakan aplikasi ini.

Ada beberapa tahapan dalam pembuatan aplikasi ini kata Rahmi, dimulai dari tahapan Pengumpulan kebutuhan dan analisis (requiremment gathering and analysis), perancangan dan pemodelan (modeling and design), pengembangan dan pengujian (development prototype and testing) dan tahap akhir adalah release produk.

BACA JUGA:Di Hari Guru Ini, Harga BBM Turun, Ini Daftar Harga BBM Hari Ini 25 November 2022

“Jadi kami sudah melaksanakan release product dan hilirisasi reka cipta Aplikasi CARIBI Mobile berbasis platform marketplace dengan pendekatan Society 5.0, ini telah dilaksanakan pada 21 November 2022 bertempat di Hotel Ammaris Tasikmalaya dengan jumlah peserta 90 orang,” jelas Rahmi.

Melalui release product, tim pencipta aplikasi berharap aplikasi ini dapat diketahui banyak pihak terutama seluruh masyarakat. Kemudian juga memperkenalkan layanan aplikasi CARIBI Mobile sebagai marketplace untuk bertemunya peternak, pembeli dan investor. Juga untuk memberikan pelatihan penggunaan aplikasi CARIBI kepada setiap stakeholder yang terlibat.

Terciptanya aplikasi CARIBI Mobile ini merupan sebuah inovasi di era revolusi industry 4.0 dan society 5.0 khususnya untuk bidang peternakan. Terlebih saat ini belum ada marketplace khusus untuk bidang peternakan, sehingga aplikasi dapat menjadi solusi untuk dapat mendorong peningkatan kesejahteraan para peternak di daerah.

Budaya jual beli ternak di masyarakat saat ini masih sangat konvensional belum tersentuh dengan adanya teknologi. Di beberapa daerah dalam melakukan transaksi jual beli ternak masih menggunakan istilah-istilah maro, paron, gadoh, maparoh dan gaduh.

BACA JUGA:Jumat Berkah, Resmi Harga BBM Turun, UMP Jawa Barat Naik 2023, Dipastikan Ada THR dan Gaji ke-13 ASN 2023

“Kami sangat berharap ini jadi solusi untuk peningkatan sistem jual beli dan investasi di bidang peternakan terutama kepercayaan investor dalam berinvestasi,” harapnya.

Tim Kedaireka Unsil diantaranya Dr. Ir. Nundang Busaeri, M.T., IPU. sebagai penanggung jawab, Dr. Ir. Nurul Hiron, ST.,M.Eng.,IPU sebagai koordinator, Ir Rahmi Nur Shofa, ST.,MT (Ketua Tim), Heni Sulastri ST., MT., Andri Ulus R., S.Pd., MT dan Linda Faridah, S.Pd.,M.T., serta beberapa mahasiswa Fakultas Teknik.

Sumber: