Dr Aqua Dwipayana Ingatkan 70 Persen Masalah Timbul Karena Komunikasi, Termasuk di Internal Polri

Dr Aqua Dwipayana Ingatkan 70 Persen Masalah Timbul Karena Komunikasi, Termasuk di Internal Polri

Dr Aqua Dwipayana saat menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada jajaran TNI dan Polri di Sulawesi Selatan.-Foto: Dok. Aqua Dwipayana-

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana mengatakan untuk mengoptimalkan kinerja organisasi, maka setiap personel di dalamnya perlu meningkatkan produktivitas orang-orang yang ada di dalamnya.

”Salah satunya adalah meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi, karena 70 persen kesalahan di dunia kerja adalah hasil dari komunikasi yang buruk,” kata Dr Aqua menjelang Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk ”Strategi Komunikasi Organisasi untuk Upaya Peningkatan Tugas Pre-emtif Polri dalam Melindungi, Mengayomi, dan Melayani Masyarakat”.

Sharing tersebut menjadi bagian dari Diskusi Kelompok Terpumpun (Focus Group Discussion) dengan tema ”Upaya Peningkatan Tugas Preemtif Polri dalam Melindungan, Mengayomi, dan Melayani Masyarakat” yang diselenggarakan oleh Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Kamis, 24 November 2022 di Hotel Sultan Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat mulai pukul 08.00 WIB.

Doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran itu menyampaikan, untuk meningkatkan komunikasi agar menggunakan prinsip 4 ”AS”. AS yang pertama adalah kerja Ikhlas artinya bekerja tanpa paksaan dan tekanan karena bekerja adalah ibadah.

AS yang kedua adalah Bekerja Cerdas. Artinya bekerja dengan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman.

”AS yang ketiga adalah Bekerja Keras, artinya adalah bekerja dengan sungguh-sungguh untuk mencapai sasaran dengan penuh semangat meraih hasil yang baik dan maksimal, sedangkan AS yang keempat Bekerja Tuntas jangan setengah-setengah. Dengan konsisten melaksanakan semua itu maka hasil kerjanya insya Allah berkualitas,” tegas Dr Aqua yang telah memotivasi lebih dari sejuta orang baik di Indonesia maupun di puluhan negara.

Dr Aqua juga menekankan agar polisi lebih humanis dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, tidak berbelit-belit. 

”Oleh karena itu, memperkuat kemampuan komunikasi sangat strategis untuk mewujudkan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang Presisi,” ujarnya.

Dr Aqua kemudian mengatakan siapapun harus ikhlas dalam melaksanakan kegiatan dalam membantu masyarakat sehingga bernilai ibadah dalam setiap kegiatan.

”Banyak bersyukur dengan apa yang kita dapatkan saat ini dibandingkan dengan saudara-saudara kita yang masih dalam kondisi kekurangan baik dari segi materi maupun segi kesehatan. Jangan banyak mengeluh dengan kendala yang dihadapi dalam melaksanakan tugas di lapangan. Jadikan setiap kendala itu sebagai cambuk/pelajaran berhargai dalam setiap kegiatan,” ujar Dr Aqua.

REACH Plus A+C

Untuk mewujudkan semua itu anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Pusat ini menyarankan semua anggota polisi di mana saja berada agar secara konsisten melaksanakan Respect, Empathy, Audible, Clarity, Humble, Action dan Consistensy (REACH Plus A+C).

Menurut Dr Aqua selama ini telah terbukti REACH Plus A+C sukses mengatasi berbagai persoalan komunikasi. Jadi semua anggota polisi tinggal menjalankannya saja secara konsisten.

Aspek pertama adalah sikap menghargai orang lain tanpa kecuali yang diwakili dengan kata ”Respect”. Penulis buku ”super best seller” trilogi The Power of Silaturahim ini menegaskan di mana pun kita berada, jangan pernah menganggap remeh siapa pun. Hormati dan hargai semua orang yang berkomunikasi dengan kita.

Sumber: