Jalur Puspahiang-Taraju Tasikmalaya Sempat Terganggu, Tebing 10 Meter Longsor ke Jalan

Jalur Puspahiang-Taraju Tasikmalaya Sempat Terganggu, Tebing 10 Meter Longsor ke Jalan

Tim gabungan saat berusaha menyingkirkan material longsor yang menutup Jalan Raya Puspahiang-Taraju Tasikmalaya, Minggu 13 November 2022. Foto: istimewa --

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Jalur Puspahiang-Taraju TASIKMALAYA sempat terganggu setelah tebing 10 meter Longsor ke Jalan Raya Puspahiang-Taraju, tepatnya di Kampung Potongan, Desa Puspajaya, Kecamatan Puspahiang, Kabupaten TASIKMALAYA.

Material longsoran menutup sebagian besar bahu Jalan Raya Puspahiang-Taraju sehingga mengakibatkan kendaraan roda empat dan roda dua terganggu.

Kapolsek Puspahiang, Polres Tasikmalaya Ipda Dedi Haryana  mengatakan, kejadian tebing 10 meter Longsor ke Jalan Raya Puspahiang-Taraju itu terjadi Minggu 13  November 2022 sore sekira pukul 17.00 WIB.

Penyebab tebing 10 meter Longsor ke Jalan Raya Puspahiang-Taraju kejadian karena tanah labil dan hujan deras yang mengguyur lokasi kejadian dari sore hingga malam hari.

BACA JUGA: Hore, Upah Minimun Naik 2023, Ini Daftar UMK di Jawa Barat Tahun 2022, Ayo Cek di Sini

"Tanah longsor menutup jalan utama yang berstatus jalan kabupaten, sehingga lalu lintas di kawasan tersebut terganggu," ujar Iptu Dedi Haryana, Senin 14 November 2022 dini hari. 

Karena banyaknya material longsoran berupa tanah dan lumpur serta pohon tumbang yang menutup sebagian besar jalan, pihaknya bersama Sat Sabhara Polres Tasikmalaya, BPBD, Tagana Kabupaten Tasikmalaya serta warga sekitar berjibaku melakukan evakuasi material longsor.

"Ya pembersihan material juga di lakukan petugas gabungan Polsek, Polres Tasikmalaya, BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Tagana Kabupaten Tasikmalaya serta dibantu oleh warga sekitar tempat longsoran terjadi," terangnya.

Setelah material longsor dan pohon yang tumbang dievakuasi oleh petugas gabungan, kata Dedi Haryana, jalan penghubung dua kecamatan yaitu Puspahiang dan Kecamatan Taraju kembali biss dilalui kendaraan. Namun penguna jalan harus hati-hati mengingat jalan masih licin karena material longsor.

BACA JUGA: 2023 Upah Minimum Naik, Berikut Ini Daftar UMK Tahun 2022 di Pulau Jawa, Cek di Sini

"Sudah bisa dilalui kang baik roda empat maupun roda dua setelah kita bersama - sama warga dan Elemen lalinya melakukan evakuasi matrial longsor," tambah Iptu Dedi Haryana.

Kapolsek Iptu Dedi Haryana mengimbau agar warga dan penguna jalan supaya berhati-hati saat melintas di jalan tersebut mengingat Jalan itu masih licin akibat material Longsor.

BACA JUGA: Perbandingan Daftar UMK di Priangan Timur Saat Ini, UMK Kota Banjar Paling Kecil, Kota Tasikmalaya?

"Ya kita imbau warga dan pengua jalan agar berhati-hati saat melintas jalan tersebut karena jalan masih licin akibat longsor," tungkas Iptu Dedi Haryana. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: