Ini 198 Daftar Obat Sirup yang Aman Digunakan, Hasil Rilis BPOM, Tidak Mengandung 4 Bahan Pelarut Berbahaya

Ini 198 Daftar Obat Sirup yang Aman Digunakan, Hasil Rilis BPOM, Tidak Mengandung 4 Bahan Pelarut Berbahaya

Daftar obat sirup yang aman sesuai dengan rilis dari BPOM.-Ilustrasi/Dzulham Fadoli-radarcirebon.com--

JAKARTA, RADARTASIK.COM — Hasil rilis BPOM bahwa ada 198 daftar obat sirup yang aman digunakan yang tidak mengandung 4 bahan pelarut berbahaya. Itu merupakan hasil rilis BPOM.

Jumlah 198 daftar obat sirup yang aman digunakan dan tidak mengandung 4 bahan pelarut berbahaya sebelumnya, sebelumnya telah dirilis oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM. Dengan tambahan 65 jenis, kini jumlahnya mencapai 198.

Adapun daftar obat sirup yang aman digunakan tersebut dirilis sebagai sumber informasi bagi orang tua, terutama yang memiliki anak sakit dan membutuhkan jenis sediaan sirup.

Setela update terbaru tersebut, kini jumlah obat sirup yang aman digunakan telah mencapai 198 dari sebelumnya 133 sesuai dengan rilis terbaru dari BPOM.

BACA JUGA: Khasiat 200 Obat Gangguan Ginjal Akut Sudah Tiba di Indonesia, Akan Dibagikan Gratis ke Rumah Sakit Rujukan

Berdasarkan rilis BPOM, jumlah 198 obat sirup yang dinyatakan aman karena tidak mengandung 4 bahan pelarut seperti polietilen glikol, propilen glikol, sorbitol dan gliserin atau gliserol.

Keempat bahan pelarut tersebut dicurigai menjadi sumber cemaran etilen glikol dan dietilen glikol dan dugaan sementara ini, menjadi penyebab gagal ginjal akut pada anak.

Kendati Kepala BPOM, Penny K Lukito masih berkeras dan menyatakan bahwa penyebab gagal ginjal akut tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut.

BACA JUGA:U ltras Inter Milan Tinggalkan Stadion Setelah Mantan Pemimpin Mereka Tewas Ditembak

Meski dia mengakui bahwa ada beberapa jenis obat yang mengandung cemaran etilen glikol dan dietilen glikol di atas ambang batas, sehingga sangat bersifat toksik.

Karena itu, cemaran etilen glikol dan dietilen glikol sangat berbahaya termasuk diindikasikan menjadi penyebab penyakit gagal ginjal akut pada anak.

Berikut adalah daftar obat sirup yang aman dan boleh dikonsumsi sepanjang sesuai aturan pakai, dan dinyatakan bebas etilen glikol maupun dietilen glikol.

 

1. Aficitrin sirup obat cacing 60 ml (Afifarma)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarcirebon.com