Aksi Heroik Warga Selamatkan Alquran Raksasa di Masjid Jakarta Islamic Center

Aksi Heroik Warga Selamatkan Alquran Raksasa di Masjid Jakarta Islamic Center

Alquran raksasa di JIC diselamatkan saat tragedi kebakaran--Instagram/@merekamjakarta--

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Aksi heroik warga selamatkan Alquran raksasa saat kebakaran di Masjid Jakarta Islamic Center (JIC) pada Rabu, 19 Oktober 2022, membuat heboh.

Dalam unggahan tersebut memperlihatkan video amatir berdurasi beberapa detik yang memperlihatkan suasana di bagian dalam Masjid JIC.

Video kemudian mengarah ke arah Alquran raksasa yang berada di sudut ruangan Masjid JIC. Terpantau pula ada beberapa orang yang menghampiri Alquran raksasa untuk diselamatkan dari peristiwa kebakaran.

"Alquran, bisa enggak (diangkat)? Ayo-ayo, alquran nih harus kita pindahin," bunyi suara orang yang merekam video tersebut.

BACA JUGA:Produksi Beras Nasional Sebesar 32 Juta Diyakini Bakal Tercapai, Awal Tahun Depan Surplus 2 Juta Ton

Alquran raksasa di JIC itu dikabarkan memiliki bobot mencapai 100 kg. Video warga selamatkan Alquran tersebut viral usai diunggah oleh akun Instagram @merekamjakarta.

Lalu video mendadak menjadi gelap, diduga si perekam video turut membantu memindahkan Alquran tersebut ke tempat yang lebih aman.

Di sisi lain, dalam keterangan akun @merekamjakarta, dijelaskan bahwa Alquran tersebut memiliki berat hingga 100 kg.

"Alquran raksasa tersebut diketahui pemberian dari Universitas Sains Alquran Wonosobo sebagai penghargaan atas berdirinya Masjid JIC pada 2002," tulis caption akun tersebut.

BACA JUGA:Soal Kebakaran Kubah Masjid, 4 Pekerja Bangunan Diperiksa Aparat Polres Metro Jakarta Utara

"Alquran tersebut memiliki ukuran 100 cm x 50 cm dengan berat kurang lebih 100 kilogram dan murni ditulis tangan oleh para santri," tambah keterangan akun tersebut.

Beredar juga detik-detik kubah Masjid JIC roboh akibat kebakaran.

Video yang beredar itu terlihat jelas bagaimana kubah tersebut mengalami kebakaran cukup hebat. Kobaran api dengan kepulan asap hitam membumbung tinggi di atas Masjid JIC.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemadam kebakaran Jakarta Utara telah menambah pasukan Damkar menjadi 10 unit dan 55 personel dikerahkan untuk pemadaman kebakaran kubah Masjid Jakarta Islamic Center.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: