Polisi Akui Gunakan Gas Air Mata Kedaluwarsa, Tapi Diklaim Tidak Berbahaya, Komnas HAM Lakukan Pendalaman

Polisi Akui Gunakan Gas Air Mata Kedaluwarsa, Tapi Diklaim Tidak Berbahaya, Komnas HAM Lakukan Pendalaman

Komnas HAM akan lakukan pendalaman pengunaan gas air mata kedaluwarsa oleh polisi dalamtrgedi Kanjuruhan. foto: Twiter/@nataliamwijanto--

Atas dasar tersebut, jenderal bintang dua itu pun lagi-lagi menyebut bahwa korban meninggal dalam tragedi Kanjuruhan disebabkan karena kekurangan oksigen akibat berdesak-desakan.

“Penyebab kematian adalah kekurangan oksigen karena berdesak-desakan. Kemudian terinjak-injak, bertumpuk-tumpukan, yang mengakibatkan kekurangan oksigen pada pintu 13, pintu 11, pintu 14 dan pintu 3,” jelasnya. 

BACA JUGA: Proyek Semi Pedestrian Jalan HZ Mustofa Disambut Positif, Warga: Semoga Dilanjutkan

BACA JUGA: Ridwan Kamil Beri Sinyal Proyek Semi Pedestrian Jalan HZ Mustofa Dilanjut hingga ke Perempatan Panyerutan

Sementara itu, Komnas HAM berjanji akan mendalami penggunaan gas air mata kedaluwarsa dalam tragedi Kanjuruhan pasca laga antara Arema FC vs Persebaya pada Sabtu, 1 Oktober 2022.

"Soal adanya penggunaan gas air mata kedaluwarsa itu informasinya memang kita dapatkan, tapi memang perlu pendalaman," kata Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam kepada awak media, Senin 10 Oktober 2022.

Seperti diketahui sebelumnya, berdasarkan data dari Mabes Polri per 8 Oktober 2022, jumlah korban tragedi Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur bertambah jadi 705 orang. 

Dari jumlah keseluruhan korban itu terdiri dari korban tewas dan luka. "Jumlah korban meninggal dunia 131 dan jumlah korban luka 574," ujar Irjen Dedi, Sabtu, 8 Oktober 2022.

BACA JUGA: Terungkap, Rizky Billar Talak Satu Lesti Kejora, Kini Justru Minta Perlindungan ke Presiden Jokowi

Dedi pun lantas memerinci, da

BACA JUGA: Pamungkas Angkat Bicara Soal Aksinya Gesek-Gesek HP Penggemar ke 'Anunya', Sebut Bagian dari Fan Service ri sebanyak 574 korban luka itu, yang mengalami luka ringan sebanyak 506 orang, sementara luka sedang 45 orang, dan luka berat 23 orang.

Tersangka Tragedi Kanjuruhan

Di sisi lain, Polri telah menetapkan 6 tersangka dalam tragedi Kanjuruhan yang terjadi pascapertandingan sepak bola antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya.

Berikut daftar nama tersangka tragedi Kanjuruhan:

- Direktur Utama (Dirut) Liga Indonesia Baru (LIB) Ahmad Hadian Lukita

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id