Usung Anies, 2 Kader NasDem Mundur, Umi Irma: Mungkin Tidak Lagi Memiliki Kesamaan Persepsi

Usung Anies, 2 Kader NasDem Mundur, Umi Irma:  Mungkin Tidak Lagi Memiliki Kesamaan Persepsi

Mundurnya 2 kader Partai NasDem usai pendeklarasian Anies Baswedan sebagai Capres 2024 dianggap hal yang wajar. Foto: jpnn--

"Saya melihat masih sedikit banget, baru dua orang kan, itu hal yang lumrah di partai yang ada di Indonesia," kata Emrus kepada disway.id, Rabu 5 Oktober 2022.

BACA JUGA: Harga Beras Medium Naik Melebihi HET, Dorong Bulog Lakukan Operasi Pasar

Dia pun menilai mundurnya seorang kader partai politik merupakan bagian dari seleksi alam yang dialami Partai Nasdem.

"Seperti yang dibilang pihak Nasdem, ini seleksi alam. Jadi, silahkan mundur itu hak. Saya kira benar juga itu," ungkapnya.

Di sisi lain Emrus menganggap adanya kader yang mundur menunjukkan seperti apa militansi dari kader Nasdem sesungguhnya. 

"Jadi sejauh mana antara kader ini militansi terhadap keputusan partai. Tapi sisi lain kita lihat bahwa mereka yg mundur imi berarti sosok Anies mereka lihat bukan sosok yang mereka lihat untuk politik idealis. Karena mereka yang mundur berarti sosok yang suka eklusifitas," ucapnya.

BACA JUGA: Awalnya Disangka Busa Badut, Ternyata Mayat Pria Tanpa Identitas Ngambang di Anak Sungai Citanduy Rajapolah

"Jadi masyarakat akan melihat nanti, calon yang diusung ini eklusifitas atau ingkluitas." tandasnya.

Sedangkan Pengamat Politik Citra Insttute sekaligus Dosen Ilmu Pemerintahan di Universitas Sutomo, Efriza mengatakan dengan mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres, Partai NasDem sudah siap untuk menerima konsekuensinya. 

"Sudah jelas Partai NasDem mengusung Anies Baswedan ini menunjukan NasDem sudah siap dengan konsekuensinya dan mesti kukuh terhadap keputusannya," ujar Efriza. 

Efriza pun menilai Partai NasDem harus segera melakukan koalisi dengan Partai Demokrat dan PKS agar ketiga partai politik tersebut bisa satu suara untuk mendukung Anies Baswedan sebagai Capres 2024.

BACA JUGA: Update Bencana Alam di Tasik: Jalan di Cigalontang Masih Tertimbun Longsor, Tim Gabungan Terus Bekerja Keras

"NasDem sudah semestinya mengajak calon mitra koalisinya melakukan keputusan yang sama, sehingga koalisi akan mudah terbentuk," jelas Efriza

"NasDem harus mendorong PKS juga melakukan menyatakan bahwa mendukung Anies Baswedan, dan begitu juga dengan Partai Demokrat," sambungnya

Pilih Mundur dari NasDem

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id