Siap-Siap Ya, Mulai Oktober Nanti Siaran TV Analog Dimatikan, Saatnya Beralih ke Digital

Siap-Siap Ya, Mulai Oktober Nanti Siaran TV Analog Dimatikan, Saatnya Beralih ke Digital

Ilustrasi TV -Victoria_rt dari Pixabay-

JAKARTA, RADARTASIK.COM - Kemenkominfo mengumumkan siaran TV analog akan secara resmi dimatikan mulai 5 Oktober 2022 di wilayah Jabodetabek.

Analog Switch Off (ASO) atau penghentian siaran TV analog baru dilakukan di Jabodetabek dan wilayah di sekitarnya dan akan beralih menikmati siaran TV digital.

Adapun 14 wilayah yang akan menikmati siaran TV digital yaitu:  Kota Administrasi Jakarta Pusat, Kota Administrasi Jakarta Utara, Kota Administrasi Jakarta Barat, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kota Administrasi Jakarta Timur.

Kemudian Kabupaten Kepulauan Seribu, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

BACA JUGA:PKB dan Gerindra Sepakat Ciptakan Koalisi Besar Hadapi Pilpres 2024

Kominfo juga menyebutkan sudah memberikan bantuan perangkat Set-Top-Box (STB) di Jabodetabek sebanyak 63,4 persen atau sejumlah 479.307 perangkat kepada masyarakat. 

Di akhir September 2022, Kominfo berharap bantuan Set-Top-Box mencapai 100 persen.

Pemilihan wilayah Jabodetabek untuk penghentian siaran TV analog karena telah memenuhi tiga kriteria ASO, pertama, terdapat siaran televisi analog yang akan dihentikan siarannya.

Kedua, wilayah yang tercakup siaran televisi analog sudah siap digantikan dengan siaran TV digital.

BACA JUGA:Sudah Diprediksi Lawan Persib Akan Panas, Pemain Persija Digembleng sampai Geleng-Geleng Kepala

Terakhir yaitu kriteria ketiga ialah bantuan STB untuk rumah tangga miskin telah terdistribusi.

"Kementerian Kominfo mengumumkan bahwa wilayah Jabodetabek dan sekitar telah memenuhi kriteria ASO,” kata Ketua Tim Komunikasi Publik Migrasi TV Digital Kementerian Kominfo Rosarita Niken Widiastuti dalam konferensi pers di Jakarta, kemarin.

“Maka penghentian siaran televisi analog oleh seluruh lembaga penyiaran di Jabodetabek akan dilakukan secara serempak di 5 Oktober 2022," lanjutnya.

Niken berharap agar masyarakat di Jabodetabek yang telah memiliki kesempatan untuk mengakses layanan siaran digital dapat segera menikmati siaran tersebut bahkan sebelum 5 Oktober 2022 ketika ASO diselenggarakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fin.co.id